Kilatan Petir Muncul saat Gunung Ruang Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Kilatan Petir Muncul saat Gunung Ruang Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG


loading…

Ramai di media sosial video yang memperlihatkan kilatan petir yang muncul saat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Foto/Istimewa

Read More
JAKARTA – Ramai di media sosial video yang memperlihatkan kilatan petir yang muncul saat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.Diketahui, video tersebut diambil oleh penduduk dari Pulau Tagulandang ini teramati adanya petir saat terjadi erupsi Gunung Ruang. Lalu, bagaimana petir bisa terbentuk saat gunung api erupsi?

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun menjelaskan terjadinya petir saat erupsi Gunung Ruang. “Petir vulkanik ini adalah manifestasi dari pelepasan muatan listrik yang disebabkan oleh proses erupsi, bukan dari faktor klimatologis biasa,” tulis PVMBG lewat akun media sosial resminya, Kamis (18/4/2024).

PVMBG juga menjelaskan bahwa petir vulkanik dapat terjadi karena adanya tumbukan dari partikel-partikel dari material yang terfragmentasi dalam jumlah yang signifikan saat erupsi eksplosif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *