Pansel Tetapkan 14 Calon Anggota Komnas HAM Ikuti Fit and Proper Test di DPR

Pansel Tetapkan 14 Calon Anggota Komnas HAM Ikuti Fit and Proper Test di DPR

loading…

Read More

Pansel Calon Anggota Komnas HAM periode 2022-2027 menetapkan 14 nama untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM ) periode 2022-2027 menetapkan 14 nama untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR RI.

Tim Pansel yang bekerja sejak Januari 2022 tersebut menyatakan, para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi yakni, tahap administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara serta tahap tes kesehatan.

Selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi pendaftaran sebanyak 1.536 orang. Di antara jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan.

Baca juga: Pansel Ajukan Kriteria Khusus bagi Calon Anggota Komnas HAM

”Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki atau sekitar 19% kaum perempuan berminat menjadi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027,” bunyi keterangan tertulis, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Harapan Pansel Terkait Kriteria Khusus Calon Anggota Komnas HAM

Dari jumlah pelamar tersebut terseleksi menjadi 96 orang yang lolos administrasi. Latar belakang pendaftar terdiri dari berbagai bidang, di antaranya, petahana anggota Komnas HAM RI, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan wiraswasta.

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2022 sebanyak 27 calon anggota menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Sedangkan tahapan wawancara yang dilaksanakan terbuka untuk publik diselenggarakan pada 8-11 Agustus 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Tahapan wawancara dilakukan tatap muka langsung antara para calon anggota Komnas HAM dengan Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI yaitu Makarim Wibisono, Kamala Chandrakirana, Harkristuti Harkrisnowo, Azyumardi Azra, dan Ichsan Malik.

”Selain kapasitas dan klarifikasi jejak rekam individu, para peserta seleksi calon anggota Komnas HAM menyampaikan motivasi, gagasan, dan strategi terkait perkembangan institusi Komnas HAM di tingkat nasional dan global.”

Komnas HAM RI optimistis hasil kerja Tim Pansel dapat memberikan nama-nama calon anggota yang kredibel dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia. Proses seleksi ini sekaligus mampu meningkatkan peran Komnas HAM RI sebagai garda terdepan pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia.

Berikut nama 14 calon anggota Komnas HAM:

1. Abdul Haris Semendawai
2. Amiruddin Al Rahab
3. Anis Hidayah
4. Antonio Pradjasto Hardojo
5. Atnike Nova Sigiro
6. Beka Ulung Hapsara
7. Chrisbiantoro
8. Hari Kurniawan
9. Prabianto Mukti Wibowo
10. Pramono Ubaid Tanthowi
11. Putu Elvina
12. Rita Serena Kolibonso
13. Saurlin P Siagian
14. Uli Parulian Sihombing

(cip)

Related posts