Kim Jong Un Serukan Peningkatan Kekuatan Militer Korea Utara

Kim Jong Un Serukan Peningkatan Kekuatan Militer Korea Utara

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meminta pasukan militer negaranya agar “meningkatkan kekuatan dalam segala hal untuk memusnahkan musuh,” sebagaimana dilansir media pemerintah pada Jumat (29/4). Sementara itu gambar-gambar satelit menunjukkan peningkatan persiapan untuk kemungkinan uji coba nuklir.

Read More

Kim menyampaikan pernyataan itu dalam sesi foto dengan pasukan, penyiar media pemerintah, dan beberapa orang lainnya yang terlibat dalam parade militer besar-besaran yang digelar pada Senin (25/4), yang menandai peringatan 90 tahun terbentuknya pasukan militer negara itu.

Parade tersebut menampilkan beberapa rudal terbaru Korea Utara, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya, Hwasong-17, dan rudal hipersonik yang diuji dalambeberapa waktu lalu.

Unjuk kekuatan itu menunjukkan “modernitas, kepahlawanan, dan perkembangan radikal angkatan bersenjata Korea Utara serta keunggulan militer dan teknologi mereka yang tiada tara,” kata Kim kepada pasukan dalam sesi foto, seperti dikutip oleh laporan kantor berita pemerintah KCNA.

Korea Utara mengatakan mereka menentang perang dan bahwa senjatanya adalah untuk membela diri, tetapi pada parade Senin lalu, Kim mengatakan misi kekuatan nuklirnya lebih dari sekadar mencegah perang, tetapi juga termasuk membela “kepentingan mendasar” negara.

Bulan lalu Korea Utara kembali melakukan uji coba ICBM terbesarnya, dan ada tanda-tanda akan segera menguji senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017. [lt/em]

Related posts