Wujud Atensi Kepada Masyarakat, Tim Buser Polsek Lingsar Ungkap dan Ringkus 2 Pelaku Curat Mesin Teraktor

oleh -46 views

infoindonesianews.com

Lombok Barat – Tim Buser Reskrim Polsek Lingsar jajaran Polresta Mataram telah berhasil mengungkap serta meringkus 2 (dua) orang pelaku tindak pidana pencurian (Curhat) 1 Unit Mesin Traktor Merk Honda yang bertempat TKP di Kantor Desa Gontoran Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, yang terjadian pada bulan April 2018.

Dalam menggelar Jumpa Pers yang di halaman Polsek Lingsar dipimpin langsung Kapolsek Lingsar, Iptu I Ketut Artana, SH., yang didampingi turut hadir Kasi Humas Polresta Mataram Iptu Erni Anggraini, SH., dan di Kawal Kanit Provos Polsek Lingsar Aipda I Putu Adyanthara beserta anggota Reskrik Polsek Lingsar, Pada Senin (09/08/2021).

Ketika kegiatan Jumpa Pers, Iptu I Ketut Artana,SH., Menerangkan,” membenarkan telah dilakukan pengungkapan dan penangkapan oleh Tim Ops Reskrim Polsek Lingsar Berdasarkan laporan korban yang bernama Saruji (56) tahun, Asal Dusun Gontoran Desa Gontoran Kecamatan Lingsar Kabupaten Lobar Laporan Polisi Nomer : LP/65/VII/2021/SPKT/Polsek Lingsar/Resta. MTR./NTB, Tanggal 05 Agustus 2021.

Dijelaskan, dimana kedua pelaku tersebut mencuri satu unit mesin teraktor tersebut dengan cara masuk ke aula kantor desa pada saat dalam keadaan sepi, kemudian merusak mesinnya dengan mesin gergaji sehingga bisa terpisah dari rangkanya dan akibat kejadian tersebut korban atau pelapor mengalami kerugian Rp. 5.000.000 (Lima juta rupiah),” pungkas Iptu I Ketut Artana.

“Dan pengungkapan dan penangkapan kedua pelaku Curat tersebut dipimpin oleh Kanit Reskrim I Gusti Bagus Bhaktiasa bersama anggotanya Aipda Sang Wayan Gede Matra dan Aipda Ali Imran. Setelah adanya keterangan introgasi yang mendalam dilakukan kepada para saksi-saksi oleh tim Ops Reskrim Polsek Lingsar.

Karena sudah mendapatkan titik terang yang didapat dari para saksi yang di intoragasi maupun informasi masyarakat tentang keberadaan barang bukti (BB) tersebut, tim langsung bergerak cepat ke lokasi di jualnya BB yang bertempat di Desa Narmada. Dan tak lama kemudian BB Mesin Teraktor di temukan pada hari Selasa Tanggal 03 Agustus 2021 sekitar pukul 13.00 Wita di daerah Lombok Tengah dalam keadaan sudah terpisah dijual mesin dan rangkanya tersebut,” ucap Kapolsek Lingsar.

“Sambung Kapolsek, sekitar pukul 14.00 Wita baru kedua pelaku diringkus lingkungan tempat tinggalnya tanpa ada perlawanan dengan identitas para pelaku yang berinisial BN (56)tahun dan AW (46) dengan alamat tinggal sama-sama berasal dari Dusun Gontoran, Desa Gontoran, Kecamatan Lingsar.

“Saat ini barang bukti beserta kedua pelaku di bawa kemako Polsek Lingsar untuk di amankan, guna untuk dilakukan pengembangan atau penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut.

Atas perbuatannya tersebut kedua pelaku yang berinisian BN maupun AW harus tidur di balik jeruji besi dengan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 ke 4 dan 5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman 9 Tahun Penjara.

“Dan saya sebagai Kapolsek Lingsar, Iptu I Ketut Artana mengucapkan terimakasih atas keberhasilan ini yang membuat masyarakat lebih percaya kepada Polri. Hal ini merupakan keberhasilan tim Ops Unit Reskrim Polsek Lingsar dalam kesungguhan serta keseriusan, tetap atensi pada tindak pidana yang telah meresahkan masyarakat, di tengah wabah virus corona Covid-19.” tutup Artana.

(Dani)