Tim Pilkades Serentak 2021 Kecamatan Banyuresmi Laksanakan Pemantapan Tahapan Pilkades

oleh -21 views

Infoindonesianews.com – Kamis, 1 April 2021.

Garut,Jabar – Pelaksanaan pemantapan tahapan persiapan Pilkades Tahun 2021 untuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) untuk tiga Desa dilaksanakan di aula Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat, Rabu, 31/03/0/2021 pulul 12⁰⁰ Wib.

Beberapa hal penting yang disampaikan dalam pemantapan tahapan pilkades 2021, baik itu tahapan persyaratan pemilihan, tahapan pengelolaan data, dan tahapan pencalonan. Selain itu juga ada hal yang didiskusikan dengan para Ketua dan Anggota PPKD dari Tiga Dasa, mulai dari Desa Bagendit, Desa Banyuresmi, dan Desa Cipicung.

Sekmat Banyuresmi Dudi Suryadi, STP, M.Si, “Menyampaikan Pilkades Tahun ini Pilkades pola baru dimasa pandemi Covid-19”, dimana tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) jumlah pemilih paling banyak 500 orang, yang dilaksanakan sesuai tingkat Dusun.

“Apabila tiap Dusun melebihi kapasitas jumlah hak pilih lebih atau berkurang tetap dilaksanakan di Dusun tersebut”, ucapnya.

Sementara untuk tahapan yang harus dilaksanakan oleh panitia pemilihan Kepala Desa, mulai dari tahapan yaitu; mulai dari pengumuman pendaftaran bakal calon, penelitian kelengkapan persyaratan administrasi, klarifikasi serta penetapan dan pengumuman nama Calon Kepala Desa.

“Selanjutnya sesuai peraturan Perbub No 11 Tahun 2021, penetapan calon Kepala Desa paling sedikit dua orang, dan paling banyak lima orang calon Kepala Desa. Begitu juga untuk bakal calon Kepala Desa yang persyaratannya tidak lengkap sampai batas akhir pendaftaran akan dinyatakan gugur,” tandasnya.

“Menurutnya untuk Desa tertentu yang calonya lebih dari lima, setelah lolos dari hasil veripikasi persyaratan oleh pihak panitia, akan dilaksanakan seleksi oleh pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Desa, dan Panitia Kepala Desa tingkat Kabupaten,”ujarnya.

“Sementara untuk pelaksanaan kampanye calon Kepala Desa akan dilaksanakan dalam waktu tiga hari, untuk masa tenang dalam jangka waktu tiga hari, dan pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari Selasa, Tanggal 08 Juni 2021,” ujarnya.

Menurut salah satu sekteris PPKD Desa Bagendit Budi Rahman, SE mengatakan” ada persolan penting yang harus disikapi bersama adalah data calon hak pilih, antara yang memiliki KTP el, atau yang belum punya, begitu juga tentang pengawasan untuk tiap TPS yang belum jelas,” ungkapnya.

“Kami berharap pelaksanaan pemilahan Kepala Desa Tahun ini sukses tanpa ekses, bermartabat, tanpa intimidasi, dan murni hasil pilihan masyarakat, sehingga dapat menghasilkan Kepala Desa yang terbaik,” Pungkasnya.

Narasumber : Beni, Biro Garut. Pewarta : D’Boni. R IiNews Jabar. Editor : Liesna Ega (Sekum IINews).