by

KETIDAK RAMAHAN Dan PELAYANAN PUSKESMAS JAYAMEKAR ,MEMBUAT PASIEN NYA TIDAK NYAMAN UNTUK BEROBAT

-Nasional-8 views

Infoindonesianews.com – Rabu, 5 Agustus 2020

PADALARANG – Puskesmas Jayamekar adalah salah satu Puskesmas terpilih untuk garda terdepan yang menangani saat pandemi Covid19, mengutamakan Kesehatan masyarakatnya dengan memberikan pelayanan kesehatan yang tanggap dan cepat untuk masyarakat sekitarnya, tanpa memilah-milah Dan membeda-bedakan baik rakyat miskin ataupun kaya, selama alat medis dan alat kesehatan menunjang fasilitas mereka untuk menangani pasien nya.

Namun,pada kenyataan nya yang di alami Masyarakat Warga Jayamekar, mereka merasakan adanya ketidakramahan dalam pelayanannya, seakan-akan diduga pasiennya yang berobat ke Puskesmas Jayamekar tersebut dipilah pilih dalam pengobatan nya,padahal disini Puskesmas itu adalah pelayan bagi Masyarakat disaat masyarakatnya membutuhkan bantuan terkait kesehatan, “Ujar salah seorang warga yang melapor kan keluhannya kepada infoindonesianews.com.

“Dalam hal Kendala dalam pemberian pelayanan Puskesmas kepada Pasien nya tersebut,itu tidak ada keterkaitan dengan Kepala Desa Jayamekar ,”Ujar Kepala Desa Siti Khoeriah menjelaskan. Sebab Pelayanan Kesehatan Puskesmas itu ditentukan Oleh Dinas Kesehatan yang diatur dalam ketentuan nya sbb:

 #1.Surat Edaran Dirjen P2P Nomor: HK.02.02/II/753/2020 Tentang Revisi ke-3 Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Corona Virus (COVID-19)16 Maret 2020     DOWNLOAD

#2.Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)27 Maret 2020     DOWNLOAD

#3.urat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/202/2020 tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19)16 Maret 2020     DOWNLOAD

#4.Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor KH.01.07/MENKES/169/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu.

Akhirnya kami konfirmasikan langsung atas kekecewaan Pasien juga Warga Jayamekar yang melaporkan kepada team Iinews Ke pihak Puskesmas Jayamekar saat itu juga.

Kepala Puskesmas Jayamekar Dokter Tita menjelaskan yang sebenarnya dugaan permasalahan yang disampaikan narasumber tersebut “untuk pelayanan penanganan Pasien nya selama tiga bulan kebelakang ini memang dibatasi sementara waktu,untuk Jumlah quota pasien, karena Kami mengacu kepada Surat Keputusan dari Dinkes terkait pandemi Covid19,kecuali bagi Pasien yang menderita penyakit yang berat saja,”ujar Dr Tita menjelaskan.

Dr. Tita,beberapakali menjelaskan kepada Pasien nya yang ingin berobat, agar tetap menerapkan protokol kesehatan Yaitu dengan memakai masker, tapi seringkali mengabaikan saran dari kami,bahkan terkadang jawaban dari Pasien nya tersebut malah mengecewakan nya, dengan setiap ujaran pasiennya, “ucap Dr Tita.

Kami pun menyarankan kewajiban Pasien nya agar tetap menerapkan protokol kesehatan berulangkali bahkan hingga memasang pemberitahuan di depan gerbang masuk Puskesmas Jayamekar mengenai Kewajiban ikuti protokol kesehatan,”jelasnya mengeluh

Kamipun, Mencoba menanyakan pada salah seorang Pasien, “Bagaimana pendapatnya untuk pelayanan di Puskesmas Jayamekar ini, jawabnya”Saya,kurang respons terhadap pelayanan nya yang seakan acuh tak acuh, kurang ramah,”ucap Pasien yang sedang berobat.

Dari penuturan nya Pasien tersebut akhirnya terdengar pihak Puskesmas Jayamekar Dan mereka berkata” Kami meminta maaf atas pelayanannya yang kurang memuaskan, karena Kami harus mengikuti prosedural kesehatan ,hingga harus memberikan ketegasan dalam penerapan nya, Dan tidak bermagsud acuh tak acuh, akan tetapi Kami harus laksanakan prosedural tersebut, “Ujar Pelayanan Puskesmas Jayamekar menjelaskan kembali.

Apabila ada Kritik dan Saran yang ingin disampaikan masyarakatnya tentang Puskesmas Jayamekar ini, demi membuat kemajuan untuk kami, kami tak menutup Mata untuk kritik Dan saran tersebut dan itu akan dijadikan motivasi bagi Kami semua,”Ujar seorang Ibu yang kerap dipanggil Umi menutup pembicaraan Kami.

Penulis / Editor: Liesna Ega Kabiro lInews
Wartawan : Aris / Wandi IInews“`

News Feed