INFO INDONESIA
Berita

Sosialisasi Dan Pelatihan Pengolahan Pangan, KWT Persembahkan Hidup Sehat Dengan Pangan Lokal.

INFOINDONESIANEWS.COM – Manusia membutuhkan 40 jenis zat gizi untuk tumbuh, berkembang dan berproduksi (untuk hidup aktif dan sehat).  Tidak ada satupun jenis pangan yang lengkap gizinya yang memenuhi 40 jenis zat gizi tersebut,. sehingga perlu penganekaragaman konsumsi pangan.

Kita tidak boleh hanya bergantung pada satu jenis bahan pangan, seperti nasi saja, mie saja, karena dampaknya bagi kesehatan akan tidak baik. Banyak bahan pangan lokal lainnya bisa di olah. Namun pengolahan pangan lokal sering dikalahkan oleh pangan introduksi dari luar, sehingga kurang optimal dalam pemanfaatannya.

Hal inilah yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan pada saat menggelar kunjungan ke organisasi Kelompok Wanita Tani (KWT) berlokasi di KWT mandiri Desa Pattengko, Kecamatan Tomoni Timur, Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Kegiatan dikepalai langsung Nursih Hariani selaku Kadis beserta rekan-rekanmerangkai kunjungannya dengan kegiatan Sosialisasi Dan Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal.

 “Ini  merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu KWT bahwa Indonesia memiliki banyak potensi  bahan pangan lokal bukan hanya beras. Kita tidak boleh hanya bergantung pada satu jenis bahan pangan.  Banyak pangan lokal yang kandungannya sama dengan beras yang dapat kita olah,”ujar Nursih. Pagi tadi, Jumat (11/5)

Melalui kegiatan ini kata dia, peserta akan lebih bisa terampil dalam mengolah pangan lokal menjadi makanan yang menarik untuk dikonsumsi. “Sehingga mereka bisa menciptakan makanan  sehat yang bisa di konsumsi untuk keluarga,”tambahnya.

Nursih berharap peserta bisa menggeluti pelatihan agar kelak bisa dijadikan referensi dan sumber pendapatan nantinya. “Kegiatan ini bisa diterapkan nantinya untuk mendapatkan penghasilan tetap jika mereka mau,”cetus perempuan yang juga berperan sebagai Penyuluh Pembimbing ini.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan, Sarni Oktavia Toding menerangkan sangat senang dengan kegiatan ini. Pasalnya Peserta paham tentang pentingnya penganekaragaman pangan, dan Peserta terampil mengolah pangan lokal menjadi makanan yang menarik untuk dikonsumsi sehari-hari dan untuk menjadi tambahan pendapatan keluarga.

Serta Peserta menjadi perpanjangan tangan dari Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan dalam mensosialisasikan pentingnya pangan lokal dalam penganekaragaman konsumsi pangan Kegiatan sosialisasi pengolahan pangan lokal sangat bermanfaat dimana peserta KWT mandapat pengetahuan bagaiman cara mengolah pangan lokal yang ada sehingga menjadi makanan sehat untuk dikonsumsi keluarga.

“Dengan kegiatan ini, peserta bisa paham bahwa selain beras ternyata pangan lokal juga bisa diolah  sehingga bisa menjadi makanan pokok dengan kandungan gizi yang baik,”pungkasnya. (Yaniari Matasik/Andi Zachril)

Related posts

Team Jelajah Nusantara Kordinasi Dengan Pemeritahan Kabupaten Pidie Jaya

info

Team Jelajah Nusantara Dan Kadispora Gelar Pembekalan Tentang Bahaya Narkotika Kepada Siswa Aceh Jaya

info

Dua Pelaku Penganiayaan di Bima Diamankan Patroli Gabungan, Akses Jalan Dibuka.

info

Leave a Comment