by

Sistem Resi Gudang (SRG) Hadir di Luwu Timur, Apa Manfaatnya..? Ini Kata YES. 

Infoindonesianews.com-SulSel, Luwu Timur

Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM kabupaten Luwu Timur,  melalui Kabid Koperasinya Dewa Putu Alit S Hadirkan Pemateri dari BAPEPTI Kementerian Perdagangan dalam rangka Sosialisasi Sistem Resi Gudang, bertempat di Aula Kantor Camat Tomoni Timur.

Hadir dalam Sosialisasi Sistem Resi Gudang tersebut Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM kab. Luwu Timur Rosmiaty Alwi,  Kepala Dinas Perikanan,  Kelautan dan ketahanan pangan Nursih,Anggota DPRD Luwu Timur Made Sariana, Camat Tomoni Timur M. Syukri,  para Kepala Desa, para penyuluh dan pengelolah koperasai.

Dalam materinya Yuli Edi Subagio Kepala bagian penguatan dan pemberdayaan sistem resi gudang Bapepti Kementerian Perdagangan menyatakan, Sistem Resi Gudang (SRG) menjadi solusi bagi petani dalam mengatasi musim panen.

Yuli Edi Subagio yang kerap di sapa bapak YES ini menuturkan bahwa, SRG bisa dimanfaatkan petani pada saat musim panen tiba.

“SRG ini sesungguhnya salah satu solusi untuk pembiayaan bagi petani di 13 komuditi dan di luwu timur ada 8 beras, jagung,  lada, gabah,  kokao,  rumput laut, kopra,  dan ikan komuditi yang bisa di garap cuman kali ini kita fokus di 3 komuditi dulu yaitu, Jagung, gabah, dan lada. Prioritas Unggulan ini dan yang lainnya itu nanti untuk mengatasi harga jual,” kata YES melalui keterangan resmi kepada infoindonesianews.com Selasa (17/4/2018).

Dengan demikian, pihaknya tengah mendorong agar petani mau menggunakan SRG dengan melakukan sosialisasi melalui koperasi Adi Luwung nantinya.

Sebab, SRG juga menjadi akses para petani untuk memperoleh permodalan dan menghindari kerugian pada saat musim panen.

Program SRG ini menawarkan Skema Subsidi Resi Gudang (SSRG) yang dapat menjadi alternatif pembiayaan bagi petani, kelompok tani (Poktan), koperasi dan gabungan kelompok tani (Gapoktan), dengan bunga yang sudah ditentukan.

“Dengan dokumen resi gudang yang dapat dijadikan sebagai jaminan kredit di bank,” jelasnya.

Selain itu, YES mengatakan, SRG juga menjadi peluang usaha bagi koperasi untuk menjadi pengelola gudang, tahun ini kami menyelesaikan untuk wilayah Sulawesi Selatan, kami konsentrasi di Luwu Timur,  Luwu Utara karena Kabupaten  Bantaeng dan Gowa sudah selesai.

“Hingga saat ini kami fokus di dua wilayah ini Luwu Utara dan Luwu Timur,  Luwu Timur sendiri koperasi yang menjadi Pengelola Gudang SRG nanti adalah Koperasi Adi Luwung” pungkasnya.

(AA-IL)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed