by

Silaturahmi Media IINEWS (Info Indonesia News) Dengan Ketua LPMD(Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Giri Asih,Kecamatan Batujajar.

-Nasional-3 views

Infoindonesianews.com – Kamis, 17 Agustus 2020.

Bandung Barat  – Media sebagai control sosial di lingkungan Pemerintahan Pusat, Daerah maupun Pedesaan,tidak selalu berpatokan kepada tokoh – tokoh penting saja, karena dalam Pemerintahan Desa pun peranan Lpmd (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) pun sangatlah penting dalam perputaran roda Pemerintahan Pedesaan,salah satunya peranan Lpmd di Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam pertemuan tidak resmi ini, Kami dari team infoindonesianews.com, sengaja bersilaturahmi dengan Ketua Lpmd Desa Giri Asih bernama Usef Mukti,pada Hari Kamis(17/09/2020).

Usef Mukti,memberikan masukan-masukan konstruktif terkait konsepsi dan implementasi pemberdayaan di Desa – Desa yang berada di Kecamatan Batujajar, terutama khususnya di Wilayah Desa Giri Asih.

Usef Mukti menyampaikan kinerja daripada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa(LPMD) dan Kepala Desa Giri Asih yang selalu komunikatif dalam menjalin kerjasama dalam pembangunan dan kemajuan Desa Giri Asih, dirinya menyampaikan “inovasi rangkaian – rangkaian program yang kini sedang dikembang kan pada setiap lingkungan Rw – Rw di Desa Giri Asih, contohnya adalah dengan adanya kegiatan memperbaiki saluran air yang tersumbat dan hingga sering terjadi banjir, bilamana datangnya musim penghujan,contohnya : banjir tersebut sering terjadi di wilayahnya depan pom bensin,kemudian Lpmd pun bersinergi dengan Desa Siaga yaitu ikut membantu masyarakatnya yang membutuhkan pertolongan segera,contohnya : “membantu warga yang tidak memiliki fasilitas kesehatan(Jamkesra),membantu warga Ibu Hamil yang akan melahirkan dalam keadaan darurar, dll, “ujarnya.

“Kami pun siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Bandung Barat,terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat,baik di bidang pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi mikro,maupun Pariwisata ” kata Usef Mukti .

Menurutnya, Lpmd dan Rw/Rt adalah sebuah ekosistem yang kuat sebagai mitra Pemerintah Desa maupun Kecamatan,juga Kabupaten.

Karena itu, Lpmd dan Rt/Rw tidak bisa dipisahkan, karena keduanya memiliki sejarah yang kuat, berdimensi hukum dan faktual sesuai Undang-Undang N0. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Desa, Keputusan Presiden RI No. 49 tahun 2001 dan Perda No.41 Tahun 2001 tentang Lpm.

Usep menambahkan, Lpmd sebagai satu-satunya lembaga pemberdayaan yang berada di setiap Pedesaan di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, dipilih langsung oleh para Ketua Rt dan Rw.

Sebaliknya, Rt dan Rw punya hubungan kerja yang emosional, karena Lpmd punya tugas memberikan penilaian kinerja terhadap Rt dan Rw.

Makanya,Saya berharap Bupati Bandung Barat kiranya kedepan melibatkan secara institusional Lpmd sebagai wadah dan rumah besar ormas yang ada di setiap Pedesaan , karena kedudukan Lpmd jauh lebih tinggi berdasarkan Perda dibanding ormas yang ada.

Apalagi, anggota Lpmd adalah juga dari ormas RT, RW, BKM, Karang Taruna dan Media.

“Lpmd harus menjadi perekat ormas di setiap Desa , terutama mengoptimalkan peran-perannya ikut serta membantu pemerintah Desa dalam dimensi pembangunan dan kemajuan Pedesaan itu sendiri, “tuturnya menutup pembicaraan Kami.

Pewarta : Demak Gultom /Liesna Ega IInews. Editor : Liesna Ega Kabiro IInews.

News Feed