by

Redam Konflik Antar Kelompok Melalui Pendekatan Persuasif


Infoindonesianews.com-

MAKASSAR – Redam Konflik, Polri Lakukan Pendekatan Persuasif ke Warga Ujung Tanah, dan Tallo. Aparat melakukan pengamanan di seputar areal bentrok dengan melakukan pendekatan persuasif ke masyarakat Ujung Tanah dan Tallo Kota Makassar.


Untuk meredam konflik agar tidak terulang peristiwa yang sama. Polri melakukan pendekatan persuasif dalam menyelesaikan konflik antar kelompok pemuda dua tempat tersebut, ungkap Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, SH.,S.Ik., MH saat bincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Rabu (15/7/2020).

Kepada masyarakat kedua Kecamatan tersebut (Tallo dan Ujung Tanah) Kota Makassar untuk meredam masalah dan peristiwa yang kerap berulang. “Kami melakukan pendekatan-pendekatan persuasif secara komprehensif dengan mengomunikasikan melalui pemerintah setempat, aparat dan tokoh kedua pihak,” tandas Kapolres Pelabuhan Makassar.

Kami punya catatan sejarah yang berbeda yaitu ketika konflik antara dua kelompok yang bertikai, lalu diselesaikan secara hukum seperti penangkapan, maka konflik itu tidak langsung berhenti. Maka Polri dan instansi terkait mengupayakan cara persuasif seperti dialog kepada masyarakat setempat. Semisal pertemuan antara Kapolres Pelabuhan, Kapolsek Tallo, Kapolsek Ujung Tanah, pemerintah Kecamaztan, Pemerintah Kelurahan serta tokoh-tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh pemuda serta menemui keluarga massa bentrokan.

Meski ada pendekatan persuasif, Polri tetap akan melakukan proses hukum. “Kalau situasi sudah cooling down, ada komunikasi yang intens, nanti penegakan hukum akan dilakukan kepada para pihak yang terbukti melawan hukum,” ucap AKBP Muhammad Kadarislam.

Polri bersama TNI untuk melakukan langkah-langkah antisipasi agar tidak ada upaya balas dendam dari pihak di Kecamatan Tallo dan Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. “Saya minta masyarakat saling menahan diri dan saling menjaga bahwa permasalahan ini tengah ditangani oleh penegak hukum.

Selain, upaya preventif dilakukan Polri dalam meredam konflik antar warga tersebut. Polri pun pembinaan intensif tentang pentingnya mencipatakan sitausi Kamtibmas yang aman, terkendali dan kondusif. Dalam upaya ini, kami duiduk bersama dengan para tOkoh – tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat dari Kecamatan Tallo dan Ujung Tanah dalam rangka mencari so0lusi terbaik dalam meredam dan menangkal konflik antar kelopok.

Meman g harus diakui, peran orang tua amat penting dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anak. Dan orang harus bisa menjadi panutan,kata Kapolres Pelabuhan Makassar.

Di bagian lain, AKBP Muhammad Kadarislam mengatakan, setelah dilakukan pendekatan persuasive, pembinaan intensif serta pendekatan melalui keteladanan tokoh-tokoh masyarakat, namun tetap saja terjadi perkelahian antar kelompok. Polri akan mengambil tindak tegas melakukan upaya penegakan hokum, pungkasnya. (Jml-iinews)

News Feed