by

Ratusan anggota dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kabupaten Bandung Barat menggelar aksi demo menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) hari ini

Info Indonesia News – Kamis, 02/07/2020
Posted by Liesna Ega / Dr Iinews

DPRD KBB – Aksi massa ini dipusatkan di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat. Walaupun di kawal ketat petugas keamanan, LSM GMBI tetap melakukan aksinya dengan tertib, aman dan juga menerapkan Protokol Kesehatan dalam aksi nya.

Massa mulai berkumpul sejak pukul 08.30 WIB dengan menyerukan lagu-lagu karya GMBI sambil membawa Bendera LSM GMBI yang dimulai dari Pintu Tol Padalarang serta membawa spanduk bertuliskan, ‘Menolak RUU HIP karena Pancasila adalah Falsafah Berbangsa dan Bernegara sebagai kepribadian yang Berdaulat, Bermanfaat, Adil serta menjunjung keaneka ragaman sesuai Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda tapi satu’.

Setelah sampai di Kantor DPRD Kabupaten Bandung Barat LSM GMBI sebelum melakukan orasi mereka memulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Pembacaan Pancasila bersama . Dalam orasinya, mereka secara tegas menolak RUU HIP dan meminta segera mencabut RUU tersebut dari prolegnas.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto didampingi Wakil Ketua DPRD KBB Ayi Sudrajat serta anggota lainnya, Wendi Sukmawijaya dan Iman Budiman, menerima perwakilan massa GMBI Distrik KBB yang dipimpin oleh Ketua Distrik LSM GMBI Kabupaten Bandung Barat A.Fauzi, di ruang Banmus DPRD KBB.

“ NKRI harga mati, Kami menolak RUU HIP kepada DPR RI melalui DPRD KBB. Kami juga meminta agar DPR RI menghentikan proses legislasi RUU HIP, serta meminta RUU ini segera dicabut dari Prolegnas (Program Legislasi Nasional) bukan menunda lagi,” ujar Fauzi.

Lalu A. Fauzi menegaskan,” Penolakan kami mengenai RUU HIP ini dikarenakan di salah satu pasal 7 ayat 2 yang menyatakan Ketuhanan yang berbudaya, yang seharusnya itu Berketuhanan Yang Maha Esa, sebab sudah dituangkan dalam Pancasila Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda agama, akan tetapi kita tetap satu Ketuhanan kita yaitu Tuhan Yang Maha Esa “.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto juga mengatakan,” Tentang permintaan LSM GMBI agar DPRD Kabupaten Bandung Barat mendesak ke DPR RI untuk membatalkan RUU HIP ini, maka Insya’Allah akan kami penuhi. Kami juga akan lampirkan surat pernyataan dan surat sikap ini yang menjadi satu-kesatuan, yang akan kami kirimkan ke DPR RI dalam waktu secepatnya “.

Selain itu Rismanto juga menambahkan,” Dan kami juga menyanggupi untuk bukti bahwa kami melakukan proses pengiriman dokumen atau juga bersurat meneruskan pernyataan sikap LSM GMBI akan kami sampaikan atau bisa di cek langsung ke staf kami, manakala kami sudah mendapatkan bukti itu “.

” Dan Insya’Allah jangan ragukan komitmen kami bersama-sama kita mengkawal NKRI dan bersama-sama juga mengkawal Pancasila. Karena kita satu nafas, satu semangat, kita siap menjaga Pancasila dan juga menjaga NKRI.” tutup Rismanto.

Usai menyampaikan aspirasinya, aksi ditutup dengan penyerahan dan penandatanganan pernyataan sikap. Pernyataan sikap ini kemudian diserahkan ke DPRD Kabupaten Bandung Barat. Sekitar pukul 12.30 WIB massa pun membubarkan diri.

Penulis : Liesna Ega Kabiro Iinews
Narasumber : Dr Iinews

News Feed