Puluhan Warga Ikuti Penyuluhan Bela Negara dari Satgas TMMD Kodim Subulussalam

oleh -45 views

Infoindonesianews.com| Jum’at 8 Oktober 2021.

ACEH | Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 0118 Subulussalam menggelar penyuluhan bela negara kepada masyarakat Darussalam di Balai Desa Darussalam Kecamaran Longkib Kota Subulussalam, Aceh, Jumat(8/10/2021).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, puluhan warga dan perangkat Desa Darussalam Keamatan Longkib mengikuti penyuluhan bela negara.

Dandim 0118/Subulussalam yang pada saat ini sebagai Dansatgas TMMD ke 112, Letkol Inf Winas Kurniawan, S.I.P., M.Tr(Han) mengatakan, penyuluhan bela negara itu merupakan salah satu kegiatan non fisik pelaksanaan program TMMD di wilayah teritorial Koramil 03/Longkib.

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme serta jiwa persatuan dan kesatuan bagi seluruh masyarakat, agar selalu siap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Dandim.

Bertindak sebagai pemateri yaitu Danramil 04/Sultan Daulat Kapten Inf Gunawan yang dihadiri seluruh warga Desa Darussalam.

Dalam penyampaianya, tiap – tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang – undang.

Kesadaran Bela Negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada Negara dan kesediaan berkorban membela Negara.

Dengan melaksanakan kewajiban Bela negara, menjadi bukti dan proses bagi seluruh warga Negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, sekaligus menjadi bukti pemahaman mengenai Bela negara. Hal ini dikatakan Kapten Inf Gunawan saat memberi penyuluhan Bela Negara dilokasi TMMD ke-112.

Bela Negara merupaka perwujudan tekad, sikap dan prilaku warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin hidup bangsa dan Negara.

Beberapa hal yang menjadi unsur penting dalam pembelaan bangsa diantaranya, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan Bela Negara.

Narasumber Pewarta : Sabirin Siahaan IINews Aceh. Editor Redaksi IINews : Liesna Ega.