by

PROGRAM BPNT,DI DUGA AGEN BNI DESA MANDALASARI SALAHI ATURAN JUKDIS ALUR BPNT DESA MEKARJAYA,DIDUGA ANAK DAN ISTRI KEPALA DESA MEKARJAYA IKUT TERLIBAT DALAM PELANGGARAN BPNT INI?

Info Indonesia News – MINGGU, 05 JULI 2020
Posted by Liesna Ega

KBB – Kepala Bidang Fasilitator Masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat ,Sekdis Dinsos KBB H Siti memastikan di setiap kecamatan sudah ada agen BNI Link atau e-warung.

Di agen BNI Link itu, KPM melakukan penukaran BPNT senilai Rp 200 ribu. Namun, tidak boleh diuangkan. Harus dikonversi dalam bentuk karbohidrat, protein nabati, protein hewani, vitamin dan mineral

Kabid Dinsos H. A. Bunyamin menegaskan juga jika ada pengkondisian agen BNI Link dengan KPM, sanksinya cukup terberat. KPM haknya bisa dicabut, termasuk agen BNI Link dicabut izinnya.

“Jika ada agen BNI Link yang terindikasi mengkondisikan selain KPM, sehingga merugikan pihak KPM termasuk pengkondisian dalam menguangkan, itu bisa dicabut juga izin e-warungnya karena sudah menyalahi aturan,”ujar H.A.Bunyamin saat kita temui beliau di kantor Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (03/07/2020).

Kabid Dinsos KBB H. A. Bunyamin meminta tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK) aktif dalam melakukan pengawasan,Karena TKSK memegang SK langsung dari Kemensos, tak hanya dinas sosial dan BNI saja, tapi juga pemerintah pusat turut mengawasi perjalanan penerapan penyaluran BPNT.

Untuk itu dengan tegas H A Bunyamin mengatakan”bahwa Saya akan menindak lanjuti perkara pelanggaran BPNT di Desa Mekarjaya ini akan menerjunkan langsung team untuk penindakan tegas kepada Pihak – pihak yang terlibat pelanggaran terkait BPNT ini.

Sementara itu,Dedeh sebagai salah satu Agen yang berada di Desa Mandalasari ,mengatakan pihaknya mengakui, memang telah mencairkan Atm Rekening KPM Desa Mekarjaya,akan tetapi disini yang mencairkan tersebut adalah Bendahara Bumdes Mekarjaya, sebut saja nama nya (I)anak dari Kepala Desa Mekarjaya Obar ,sedangkan(I) tersebut meminta Dedeh(Agen) untuk Transfer atas nama KPM ke Rekening (D)di duga Istri Kepala Desa Obar.

Karena kelalaian Dedeh inilah maka, Penyaluran Anggaran Bpnt menjadi sebuah Pelanggaran atas Peraturan Pemerintah yang seharusnya,seluruh warga KPM tersebut menggesek dan mencairkan kartu Atm KPM nya sendiri, malah pihak Bendahara Bumdes Mekarjaya yang mencairkan,dan dengan alasan bahwa (D)adalah agen juga hanya mesin atm nya belum datang, “ujar Dedeh saat menjelaskan mengapa Bendahara bumdes yang mencairkan dan bukan KPM sendiri.

Dalam hal ini yang perlu kita singkapi, mengapa Bendahara BUMDES(I)di duga anak Kepala Desa Mekarjaya, yang mencairkan?dan mengapa masuk Rekening (D) yang di duga istri Kepala Desa Mekarjaya,? Dan mengapa pihak Agen Dedeh dengan mudah begitu saja mencairkan anggaran Bpnt tersebut kepada bukan hak nya yaitu KPM?

Dalam hal ini kita dari team Iinews akan terus menelusuri jejak kasus terkait Bpnt ini secepatnya hingga tuntas dan sesuai facta.

Penulis : Liesna Ega Kabiro Iinews Tv
Wartawan: Demak Iinews

News Feed