by

Petugas TGC Dinkes Barru, Garda Terdepan Penanganan Covid-19

InfoIndonesiaNews-Barru. Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, terbentuk sejak bulan Februari 2020.

Sejak adanya Pandemi Covid-19, Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan (Dinkes) Barru menjadi garda terdepan dalam percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Petugas yang tergabung di TGC Dinkes Barru, sebanyak 31 orang ini, sangat rentan untuk tertular dan menularkan virus kepada keluarganya, karena Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun yang positif terpapar virus Corona, ditangani pertama oleh Petugas TGC tersebut.

Bukan hanya itu, para Petugas TGC ini pun, selalu stand by di Lantai satu kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Barru menunggu petunjuk atau arahan Ketua Tim.

Penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru yang hampir memasuki bulan kelima, TGC tak pernah berhenti melakukan kegiatan penanganan antara lain, melakukan tracing kontak erat pada terkonfirmasi Positif Covid-19, pengantaran sample Swab ke maros kemudian di lanjutkan lagi ke-Makassar, mengantar dan menjemput Pasien maupun terkonfirmasi Covid-19 di Program Wisata Covid-19.

Salah seorang Petugas TGC Dinkes Barru, Nurlina SKM mengatakan bahwa, tugas pokok TGC yaitu, bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan penanganan, pencegahan Covid-19 di Kabupaten Barru.

Menurutnya, semua aktivitas Rumah Sakit dan Puskesmas adalah berdasarkan komando dari TGC Dinkes Barru.

“Kegiatan yang kami lakukan di sini sudah berjalan hampir lima bulan lamanya dan ini sudah menjadi amanah bagi kami selaku TGC,” kata Nurlina SKM., saat di temui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, pada Sabtu kemarin (11/7).

Nurlina menambahkan, jadi kami disini ganti gantian jaga dan atur berkas, seperti kemarin ada suratnya KPU Barru Untuk di lakukan rapid test ke PPK, PPS dan PPDP itu semua kami siapkan di sini dan kemudian kami lapokan Ke Ketua TGC.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Petugas TGC lainnya, Nursakiyah. Menurutnya, para Petugas TGC ini, bertugas hingga pukul 23:00 Wita.

“Di sini biasa sampai jam 11 malam, bahkan kalau ada Pasien yang mau di jemput, ya kita harus stand by 24 jam” ujarnya.

Di tempat terpisah penanggung Jawab Posko GTPP Covid-19 Kabupaten Barru, Darwis sangat mengapresiasi kinerja Petugas TGC Dinkes Barru.

“Kami sangat mengapresiasi Kinerja Petugas TGC yang tak kenal lelah dalam bekerja,” ungkap Darwis

Darwis menambahkan, kami juga mengucapkan terima kasih untuk teman teman media dan LSM yang selalu membantu Tim GTGPP Covid -19.

( Penulis Irsam IINews )

News Feed