by

Persahabatan Bupati Barru dengan Anggota DPR RI Berbuah Program KOTAKU

InfoIndonesiaNews – Barru, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dibarru tahun ini mendapatkan dua titik lokasi untuk diguyur anggaran dalam menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si
menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PU dan Dr. H. Aras selaku Anggota DPR RI yang secara bersama meletakkan batu pertama penanda dimulainya Program KOTAKU di Kabupaten Barru, pagi tadi di Padongko, Selasa (4/8/2020).

“Program KOTAKU adalah salah satu upaya pemerintah membangun kawasan atau memperbaiki kawasan pemukiman layak huni sehingga Pemerintah Daerah sangat merespon baik” kata Suardi Saleh

Bupati meminta agar dalam pelaksanaan pekerjaan ini selain kwalitasnya harus  berkwantitas dengan rasa memiliki dan sesuai harapan masyarakat.

HM Aras, Anggota Komisi V DPR RI yang hadir dan menyampaikan bahwa Program ini berjalan karena parsitipasi semua pihak yang telah mendukung program. Ia secara gamblang menyampaikan kedekatannya dengan Suardi Saleh sehingga Barru disupport dengan dua titik lokasi Program Kotaku.

“Untuk membawa Kotaku bukan hal yang mudah sehingga kami bersama Kepala Sarana dan Tim Leader mendiskusikan ini termasuk menunggu penetapan SK lokasi dari Bupati Barru” tambahnya.

Kepala Balai Sarana Prasrana Wilayah Cipta Karya DR Ahmad Asiri yang menjabarkan bahwa Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)
yang berbasis masyarakat akan melibatkan masyarakat sejak dari pembangunan sampai pemeliharaan.

“Kalau masyarakat diberikan kepercayaan untuk melaksanakan pekerjaaan secara otomatis mereka juga yang nantinya akan merawatnya” harapnya.

Program KOTAKU ini tidak akan berjalan tanpa keterlibatan semua pihak. Termasuk Pemda Barru yang menetapkan SK Bupati penetapan lokasi program KOTAKU.

“Begitupun program ini tak bisa gool dipusat dan  H. Aras selaku Anggota Komisi V dengan mitra kerjanya PUPR dan Cipta karya yang memperjuangkan program ini sehingga Sulawesi Selatan mendapat alokasi 18 titik  dan hanya Kabupaten Barru mendapat 2 titik lokasi”

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Tim Leader Kala, Korkot Kota, Sidrap, Barru dan Soppeng, Anggota DPRD Barru Dari PPP A. Wawo Mannojengi, Satker, Camat Barru dan Kepala Kelurahan Mangempang, Kepala Lingkungan Padongko, Babinsa dan Babinkantibmas.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sendiri adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas).

Lokasi Program KOTAKU yang kedua ada di Lalolang Kecamatan Tanete Rilau yang sore ini juga akan dimulai pembangunannya.

( Irsam IINews – Humas)

News Feed