by

PENYALURAN BLT – DD TAHAP II DESA CEMPAKA MEKAR,KECAMATAN PADALARANG TELAH TEREALISASI


Info Indonesia News – Rabu, 08 Juli 2020
Posted by Liesna Ega Kabiro Iinews

PADALARANG – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap II (Dua) tahun 2020 Desa Cempakamekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat Jabar , terealisasi kepada KPM yaitu keluarga masyarakat yang berhak menerimanya.

Terpantau di Aula kantor Desa Cempakamekar , masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memadati aula desa seraya tetap menerapkan protokol kesehatan, “Ungkap Sekdes Ateng, kepada sejumlah awak media Iinews saat dikonfirmasi,Rabu (08/07/2020).

Dikatakannya, Anggaran di salurkan pada hari Sabtu, (05/07/2020)penyaluran bantuan lansung tunai (BLT) kepada keluarga penerima manfaat tahap ke II sebanyak 307 KPM(KK) dari 76 RT, dari 25 RW keluarga yang menerima bantuan dengan jumlah uang Rp600.000,-/keluarga , “Jelas Sekdes Ateng.

Dori mengatakan penerima BLT DD ialah masyarakat yang berhak untuk menerimanya, seperti keluarga miskin atau keluarga kurang mampu sehingga layak untuk disantuni apalagi kondisi dipandemi ini, banyak masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Semoga dengan bantuan langsung tunai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat , karena bantuan dari pemerintah sudah lama dinanti masyarakat kami, “ujar Ateng.

Sekdes Ateng”mengharapkan dengan adanya bantuan dari pemerintah dapat meringankan beban masyarakat dimasa pandemic ini dan virus corona dapat segera berakhir agar perekonomian masyarakat normal kembali. “pungkasnya.

Terlihat dalam penyerahan Bantuan Langsung Tunai(BLT) kepada masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kepala Desa Cempakamekar Asep Yusuf Bachtiar didampingi Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa memantau langsung jalan nya penyaluran Bantua Langsung Tunai tersebut, dan Hadir juga Camat dari Kecamatan Padalarang Dudi Supriadi yang menyaksikan langsung penyaluran Anggaran Blt Dd ini.

“BLT Dana Desa merupakan bagian penting, pasalnya terkait dampak ekonomi akibat wabah covid-19. BLT Dana Desa ini, setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat) akan mendapatkan Rp600.000 per bulan selama tiga bulan yakni Bulan April, Mei, dan Juni.

Sasaran penerimanya adalah keluarga miskin nonpenerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Rumah tangga yang masuk kriteria, di antaranya kehilangan mata pencaharian; belum terdata; serta memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun (kronis).

Metode perhitungan penetapan jumlah penerima manfaat BLT ini wajib mengikuti rumusan desa, yakni penerima dana desa kurang dari Rp800 juta rupiah wajib mengalokasikan BLT maksimal 25 persen. Sementara itu, desa dengan program dana desa di atas Rp1,2 miliar wajib mengalokasikan hingga 35 persen.

Proses pengumpulan data hingga penetapannya dalam musyawarah desa dilaksanakan secara terbuka. Daftar penerima BLT Dana Desa juga ditempelkan di balai desa sehingga mudah diakses oleh warga desa.

Untuk mempercepat penyaluran BLT Dana Desa kepada keluarga miskin yang berhak, penyaluran secara tunai juga disaksikan oleh banyak pihak di balai desa.

“Sebenarnya jika ditemukan persoalan dalam proses penyaluran Dana Desa, ada mekanisme yang telah dibuat oleh Kemendes PDTT yaitu call center 1500040 dan aplikasi sipemandu.kemendesa.go.id sebagai saluran pengaduan masyarakat,” jelasnya Camat Dudi Supriadi

“Seluruh aduan diproses oleh tim aduan dan ditindaklanjuti ke lapangan. Aduan yang disampaikan melalui media sosial selama ini juga langsung ditindaklanjuti ke lapangan. Kementerian Desa PDTT memiliki tim pengelola aduan di pusat, dengan dukungan 35 ribu pendamping desa yang bergerak di desa-desa di seluruh Indonesia,”ujarnya kembali menutup wawancara dengan Iinews.

Penulis : Liesna Ega Kabiro Iinews
Wartawan : Liesna Ega Iinews (AA-iinews)

News Feed