by

Pentingnya kerukunan Dalam Pembangunan Bangsa Saat Bedah Buku “Nalar Kerukunan Merawat Keberagaman Bangsa, Mengawal NKRI” Yang Ditulis Oleh KH Saidurrahman dan Arifinsyah.

-Nasional-17 views

infoindonesianews.com – Kamis, 20 Agustus 2020

Lombok Jelita – Pemerintah, khususnya melalui Kementerian Agama, meyakini bahwa kerukunan adalah faktor penting bagi integrasi nasional dan terwujudnya stabilitas dalam menunjang pembangunan.

Kerukunan nasional merupakan modal utama bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan.

Di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk, keragaman pemahaman keagamaan harus dikelola dengan sangat arif dan adil. Ini bukan hanya menjadi tugas tokoh dan umat beragama, tapi juga melibatkan negara sebagai institusi yang memiliki kewenangan menetapkan peraturan. Di situlah Kementerian Agama hadir.

Mengingat Indonesia bukan negara agama, maka kehadiran negara tidak boleh sampai melanggar kebebasan umat dalam memilih dan menjalankan ritual ibadah yang diyakininya.

Negara hanya harus hadir dalam hal mengelola dan memfasilitasi agar kebebasan setiap umat beragama dapat terjamin pelaksanaannya. Negara juga harus hadir agar keragaman pemahaman tafsir umat beragama tidak saling mengganggu satu dengan lainnya.

Penulis/editor : Liesna Ega Kabiro IInews Narasumber : Lombok jelita /fachrulrazi__official

News Feed