Peduli Pasien Covid-19 di NTB, Danrem 162/WB Lakukan Sidak ke Gudang Oksigen dan Bagikan Sembako

oleh -27 views

Infoindonesianews.com – Senin,26 Juli 2021.

Lombok Barat – TNI jajaran Korem 162/Wira Bakti bersama Polri jajaran Polsek melakukan sidak pengecekan ketersediaan oksigen di PT. Samabayu Mandala Lombok Samator Jalan Giri Tembesi No. 1 Dusun Gumesa Utara Desa Giri Tembesi Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, Pada Minggu siang (25/7).

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut dipimpin langsung Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., yang didampingi Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan bersama Dandenkesyah Mataram Letkol Ckm dr. Gusti Nengah Gede Kartika, Sp.am.

Dan kedatangan Danrem 162/WB bersama rombongan disambut antusias oleh Arif Yasin sebagai Manager PT. Samabayu Mandala Samator Lombok beserta staf, dan terlihat Danrem 162/WB sedang berkomunikasi tentang ketersedian maupun kebutuhan oksigen pada pandemi Covid-19 untuk warga yang terpapar khususnya di Pulau Lombok maupun di wilayah Provinsi NTB.

Dijelaskan dalam wawancaranya bersama para awak media, bahwa selama satu hari PT. Samabayu Mandala Lombok Samator tersebut hanya bisa menyediakan 400 tabung oksigen. Dimana masing – masing tabung oksigen tersebut terisi 6 ㎡ atau 6000 liter oksigen. Dan kalo 400 dikalikan 6 berati 2.400 ㎡,” ucapnya.

“Lanjutnya, everitnya biasanya sebelum Covid meningkat kebutuhan yang dimintak kepada samator ini 200 sampai 300 tabung oksigen. Namun dengan meningkatnya Covid-19 ini sehari sudah 400 tabung disediakan,“ kemudian harapan Danrem 162/WB, berati samator harus meningkatkan kuantitas hasil produksi dari samator. Dan dikatakan juga dari Yasin sebagai Menejer PT. Samabayu Mandala Lombok Samator akan siap untuk meningkatkan kuantitas hasil produksinya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan oksigen mengingat permintaan di beberapa daerah di luar NTB meningkat dan ternyata di NTB khususnya di Lombok juga mengalami hal yang sama.

Mengenai perusahaan oksigen di NTB ini bukan hanya PT. Samabayu Mandala Lombok Samator yang sebagai distributor atau suplayernya namun ada lagi satu di NTB ini yaitu, PT. BBS. Dan sebelum berangkat kelokasi kedua Danrem 162/WB memberikan bantuan sembako kepada para pegawai PT. Samabayu Mandala Lombok Samator yang sudah berjuang untuk menyelamatkan pasien-pasien terpapar covid-19, karena mereka telah bekerja untuk menyediakan tabung-tabung oksigen yang sudah terisi dari pagi hingga malam dan di berikan juga bingkisan kepada Manager PT. Samabayu Mandala Lombok Samator.

“Kemudian pada kesempatan itu juga Arif Yasin mengatakan, biasanya permintaan oksigen di Lombok meningkat, biasanya sekitar 200 tabung meningkat menjadi 400 tabung oksigen perhari,” terangnya.

“Lanjutnya, tibanya dilokasi kedua yaitu, PT. BBS yang berada di Lingkungan Lowang Balok Kecamatan Ampenan, Danrem 162/WB bertemu dengan Onernya langsung dari PT. BBS. Dan dimana terlihat Danrem 162/WB dengan oner perusahaan tersebut sedang berbincang-bincang tentang kesedian tabung oksigen yang sudah terisi.

“Dan dari hasil komunikasinya Komandan Korem 162/WB bersama Oner PT. BBS menjelaskan,” bahwa BBS ini sudah mendistribusikan ke rumah sakit-sakit di Pulau Lombok sampai Pulau Sumbawa bahkan se NTB. Kemudian mereka bisa menyediakan tabung oksigen yang sudah terisikan oksigen perhari sebanyak 1600 tabung oksigen yang sudah terisi.

Kemudian Jendral Bintang Satu mengucapkan Syukur Alhamdulillah dari 1600 ini setiap hari semuanya sudah bisa terkaper. Dan Danrem 162/WB juga mengatakan,” bahwa kami dari pihak TNI NTB akan siap membantu kalo perlu personil atau kendaraan untuk membantu mengankat tabung oksigen atau untuk mengantar tabung oksigen ke setiap rumah sakit rumah sakit yang berada di NTB,” tegasnya.

Kemudian selanjutnya Danrem 162/WB beserta rombongan melaksanakan sidak langsung ke RSUD Kota Mataram dan RSUD Provinsi khusus Untuk mengecek sejauh mana Pengendalian distribusi Oksigen di Rumah Sakit untuk para Pasien Covid-19 apakah sudah sesuai Prosedure dan memenuhi kebutuhan dari para Pasien Covid -19. Syukur Alhamdulillah hasil pengecekan cukup baik namun perlu di ingatkan tentang Pengamanan Istalasi Oksigen agar di utamakan faktor keamanan dan benar benar terjaga dengan baik kelangsungan distribusinya.

“Sambungnya Danrem 162/WB ketika akan berangkat pulang dari RSUD Provinsi menegaskan, agar anggota Babinsa yang punya wilayah di setiap rumah sakit harus tetap mengontrol keadaan kesedian tabung oksigen yang berada di gudang rumah sakit dan mengontrol keamanan gudang mesin oksigen tersebut, untuk mengantisipasi agat tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi,” tandasnya.

Semoga dengan terjaminnya ketersediaan Oksigen di NTB, maka para pasien Covid -19 segera sembuh dan sehat wal afiat dg jumlah yg banyak,” tutup Jendral Bintang Satu.

Narasumber Pewarta : Dani IINews NTB. Editor Red IINews : Liesna Ega.