by

Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta (Ibas-Rio) telah menyusun visi-misi untuk ditawarkan ke masyarakat.

-Nasional-1 views

Infoindonesianews.com – Selasa, 15 September 2020.

Luwu Timur – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta (Ibas-Rio) telah menyusun visi-misi untuk ditawarkan ke masyarakat.

Ada beberapa rencana aksi per sektor yang termuat dalam visi-misi yang akan ditawarkan diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, pertanian dan ketersediaan lapangan kerja.

“Khusus di sektor perikanan yakni, pengembangan pusat pengelolaan ikan dan pengembangan industri perikanan terpadu (usaha rumahan yang terintegrasi pada market besar dengan produk yang tersertifikasi),” dikutip dari dokumen visi-misi Ibas-Rio, Selasa (15/09/2020).

Selama ini pengembangan pasar hanya ada di pasar lokal, sehingga kedepannya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, pasangan ini akan mendorong produk olahan yang terintegrasi ke pasar lokal dan pasar besar.

Ibas-Rio tidak saja bicara soal peningkatan produksi, tapi tantangan lainnya seperti potensi pasar lokal harus diperhatikan juga. Misalnya, konsumsi ikan per kapita dengan ketersediaan ikan saat ini. Konsumsi produk lokal kepada perusahaan saat ini seberapa besar sehingga Ibas-Rio bisa melihat potensi keuntungannya bagi masyarakat.

Selain itu, untuk memberi nilai tambah pada komoditi perikanan, pasangan ini berkomitmen pula melakukan terobosan dalam bentuk olahan baru dan ekspansi pemasaran. Produk olahan baru ini bisa menjadi brand produk lokal.

Secara garis besar konsep agribisnis ini mencakup model subsistem industri hulu sampai hilir.

Dalam model tersebut, subsistem-subsistem mencakup kegiatan penangkapan ikan laut, ikan budidaya yang dikelompokkan dalam industri hulu, sementara untuk pengolahan dan pemasaran dikelompokkan dalam industri hilir yang diusahakan dan dikembangkan dalam konsep terpadu pada program ini.

Seorang nelayan yang berdomisili di Kota Malili, Syukur menyebut visi misi perikanan yang dicanangkan pasangan calon (paslon) Ibas-Rio lebih komprehensif dan terarah.

Pasalnya, visi misi tersebut betul-betul jelas mulai dari hulu hingga ke hilir, sehingga para nelayan tidak lagi berbicara pemasaran di tingkat lokal saja tetapi lebih kepada pasar luas, ujarnya lagi.

“Kalau pasangan Ibas-Rio berkomitmen mewujudkan hal itu, saya menilai kesejahteraan nelayan bisa lebih baik lagi, dan sektor perikanan Luwu Timur dapat bersaing dengan daerah lain,” tukas Syukur.

Kenapa saya mengatakan dapat bersaing dengan daerah lain? Karena, saya melihat visi misi pasangan Ibas-Rio di sektor perikanan bukan hanya pada tataran angkut lalu jual, tetapi bagaimana berbicara pada produk olahan.

Editor : Liesna Ega IInews. Narasumber : Red IInews.

News Feed