by

LAUNCHING BANK SAMPAH UMAT AKHIR DZAMAN CIKANDANG, DESA CIMAREME

-Nasional-5 views

infoindonesianews.com -Selasa,10 Agustus 2020

BANDUNGBARAT – Launching Bank Sampah dilakukan di RW 08 Kampung Cikandang, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Launching ini di hadiri oleh Rw 08 Jemadi, Kepala Dusun Ahyar Sopian,atas support Kepala Desa H Cecep.S.,bersama warga masyarakat di RW 08 pada hari Minggu , 09 Agustus 2020.

Launching  diharapkan dapat memberikan stimulan penyadaran kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya sendiri, karena persoalan sampah saat ini sudah menjadi problem di masing-masing wilayah Rukun Warga. Sehingga setiap wilayah RW perlu segera melakukan penanganan sampah dengan efektif dan berwawasan lingkungan.

Dalam sambutannya, Pengelola Bank Sampah Iyan Satriana yang kerap dipanggil iyank, Ketua Dari Umat Akhir Dzaman, mengatakan bahwa sampah merupakan masalah lingkungan yang utama di Indonesia. Meski demikian, bila pengelolaan sampah dilakukan dengan cara yang benar, sampah bukan lagi masalah tapi menjadi berkah buat masyarakat. Kegiatan yang  diawali di RW 08 ini di kampung Cikandang, Desa Cimareme,selanjutnya akan berlanjut di seluruh Rukun Warga yang ada di Desa Cimareme.

Dalam Launching kali ini juga dilakukan Sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah   yang diadakan oleh penggiat Bank Sampah dari Umat Akhir Dzaman Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat yang dihadiri para Warga Kampung Cikandang di wilayah Desa Cimareme .

Ketua Pengelola Bank Sampah Iyan Satriana (iyank) mengatakan “sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan manfaat sampah, membantu program pemerintah menanggulangi masalah sampah, dan menjadikan sampah yang tidak bermanfaat menjadi berkah”.  “Sampah bisa dijadikan bagian dari sumber perekonomian masyarakat,” katanya

Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Pemilahan sampah dilakukan berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik meliputi sampah sisa-sisa makanan, daun dan lain-lain sedangkan sampah anorganik meliputi logam, plastik, kaleng, kaca dan lain-lain, namun Iyan Satriana hanya menerima sampah anorganik saja karena dapat diolah kembali menjadi barang yang dapat dijual kembali.

Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh pegawainya.

Untuk Jasa yang diberikan kepada Nasabah Bank Sampah ini adalah disesuaikan dengan barang yang ditimbang dengan harga yang disesuaikan. Disini kami membayar nya tidak dengan berupa uang akan tetapi Bahan kebutuhan sehari – hari,misalnya nya yang berjumlah Rp, 30rb mencakup Detergent, sabun barang, pewangi,pepsodent dll, Dan untuk nominal barang yang ditukar Sejumlah Rp, 50rb mencakup berbagai macam sembako yang disesuaikan.

Tujuan diadakan program Bank Sampah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Desa Cimareme ini, selain itu untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis. Dalam jangka waktu sebulan dua kali sampah yang sudah dikumpulkan dan dipilah oleh masyarakat akan diangkut oleh petugas Umat Akhir Dzaman.

Bank Sampah RW 08 Kampung Cikandang ini diharapkan mampu mengajarkan masyarakat yang menjadi nasabahnya untuk memilah sampah yang ada di rumah masing-masing, menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik ditabung ke bank sampah. Oleh bank sampah dicatat dan langsung diberikan berupa barang kebutuhan sesuai nominal barang yang telah di timbangnya.

Penerapan sistem Bank Sampah  adalah upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan Iyan Satriana bersama warga. Pendirian Bank Sampah diawali dengan pertemuan warga dan ditindaklanjuti dengan sosialisasi  yang pengelolaan sampah melalui penerapan bank sampah di bawah binaan Ketua Umat Akhir Dzaman Iyan Satriana Di Kampung Cikandang, RW 08,Desa Cimareme,Kabupaten Bandungbarat.

Penulis : Liesna Ega Kabiro IInews. Narasumber : Ketua Umat Akhir Dzaman Iyan Satriana

News Feed