Lanud Suryadarma Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

oleh -4 views

infoindonesianews.com – Rabu, 7 April 2021.

SUBANG – Lanud Suryadarma menggelar simulasi penanggulangan atau kesiapsiagaan bencana dalam latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma Walet Terampil T.A 2021 yang dilaksanakan di Lanud Suryadarma, Kalijati Subang.Rabu (7/4/2021).

kegiatan simulasi atau latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma Walet Terampil Ta 2021 ini dilaksanakan hanya dari personel Lanud Suryadarma saja mengingat wabah Covid-19 yang belum juga berakhir, yaitu dengan melakukan uji kesiapan disetiap matranya, baik dari darat dan udara, yang dipimpin oleh Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W.

Dalam pelaksanaanya, latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma Walet Terampil 2021 ini menunjukan aksi siap tanggap darurat seperti penyebaran bantuan logistik melalui udara, Kegiatan Evakuasi Medis Udara dengan menggunakan sejumlah unit helikopter EC120 B Colibri, pemberian bantuan kesehatan bagi korban bencana, Kegiatan SAR dan Kegiatan Foto Udara serta dukungan udara bagi VIP.

Pada akhir kegiata latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma Walet Terampil 2021 secara resmi ditutup oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., di Mako Wing 8 Lanud Suryadarma.

Dalam Sambutannya komandan Lanud Suryadarma mengatakan bahwa dengan berakhirnya latihan satuan walet terampil Lanud Suryadarma TA. 2021 dapat selesai dengan baik, aman, lancar dan selamat. ‘” Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi untuk semua pihak baik komando latihan, staf latihan maupun para peserta yang telah menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing sesuai rencana, sehingga selama latihan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan” ucap Komandan.

Lebih lanjut dikatakan komandan bahwa dengan Latihan ini saya yakin semua peserta latihan dapat mengambil pelajaran dari kegiatan ini. Diantaranya memahami dan mengaplikasikan semua fungsi dan tugas masing-masing satuan di lapangan untuk mengantisipasi apabila terjadi kontigensi atau bencana, serta mencermati sistem koordinasi antar satuan kerja di Lanud Suryadarma sebagai pangkalan operasi di jajaran Koopsau I.

Komandan juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan latihan walet terampil kali ini secara umum dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman sesuai rencana. Namun dalam setiap latihan tentunya masih terdapat hal-hal yang perlu dikoreksi untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya.
“ untuk itu saya minta kepada komando latihan dan staf pelaksana latihan agar segera mengadakan evaluasi dan menginventarisir semua kekurangan dan kendala yang ada, sehingga pada pelaksanaan atau aplikasi pada operasi sesungguhnya dapat berjalan lebih baik, tidak ditemui hambatan maupun kendala yang berarti” tegas komandan.

“Kepada para komando latihan, pendukung, peserta latihan dan semua pihak yang turut membantu jalannya latihan, saya mengucapkan terima kasih dan berharap agar apa yang telah diperoleh selama latihan hendaknya dijadikan sebagai pelajaran untuk pengembangan dan pelaksanaan tugas selanjutnya” pungkas Danlanud Suryadarma.

Turut hadir pada penutupan latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma Walet Terampil T.A 2021 Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W, para kepala Dinas dan para pejabat Lanud Suryadarma serta perwakilan dari para unsur Latihan Walet terampil 2021.

Narasumber Pewarta : Projustitia. Editor Red : Liesna Ega, Sekum IINews.