by

Lanal Kendari Restorasi Situs Bersejarah Perang Dunia II Di Teluk Kendari

INFOINDONESIANEWS.COM – Kendari, Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari yang merupakan salah satu jajaran Lanal dibawah Koarmada II Lantamal VI kembali membuat gebrakan baru dan menjadi pionir dalam melestarikan situs-situs bersejarah yang ada di Teluk Kendari. Kali ini bersama Kadisbudpar Kendari, Camat Kendari, Lurah Mata, Mahasiswa Arkeologi Universitas Haluoleo, Lanal Kendari melaksanakan proses restorasi situs Baterai Mata yang merupakan situs peninggalan pasukan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Hal ini menurut Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos., merupakan wujud kepedulian dari Lanal Kendari terhadap lingkungan sekitar termasuk upaya pelestarian situs-situs bersejarah yang merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia dalam hal ini Kota Kendari kaya akan situs-situs bersejarah yang bisa dijadikan edukasi bagi siswa-siswi sekolah dan masyarakat pada umumnya untuk lebih mengenal bahwa Teluk Kendari mempunyai peran penting di dalam Perang Dunia II di tahun 1942 silam.

Disamping itu juga menjadi destinasi wisata baru yang akan meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat sekitar sesuai arahan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto agar Lanal-lanal dibawah Koarmada II turut serta hadir dalam membantu program-program Pemerintah daerah dan pemerintah pusat di wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain : pemugaran tangga naik menuju meriam pertahanan pantai, perbaikan lantai di baterai, perapian tanaman-tanaman liar di sekitar baterai dan pengecatan tembok-tembok baterai. Kedepan Lanal Kendari akan bekerjasama dengan Disbudparkendari untuk membuat taman di sekitar situs tersebut sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru di wilayah Teluk Kendari.

PENULIS: JAMAL IINEWS

News Feed