by

KPM BPNT DESA NYALINDUNG KECAMATAN CIPATAT,KABUPATEN BANDUNG BARAT,  HARI INI TELAH MENDAPATKAN HAKNYA.

-Nasional-1 views

infoindonesianews.com – Selasa, 15 September 2020.

Bandung Barat – Kegiatan penyaluran BPNT Mandiri ,telah dilaksanakan oleh Desa Nyalindung yang berada di wilayah
Kp.Cibarengkok, Rt 02 ,Rw 03, Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat,Bandung Barat,pada Hari Selasa(15/09/2020).

Kegiatan pelaksanaan penyaluran Bantuan Bpnt ini di hadiri oleh Sekretaris Desa Asep Hidayat ,Kasi Kesra,Kaur Keuangan Desa Nyalindung , Babinsa, Babinkantibmas Polsek Cipatat , serta para Kadus dan juga para ketua RW dan RT setempat , yang turut serta untuk ikut mengawasi jalannya penyaluran yang di terapkan kepada warga nya tersebut.

“Alhamdulillah penyaluran BPNT Mandiri dan BNI berjalan dengan lancar dan aman,” kata Sekdes Asep Hidayat kepada Media infoindonesianews.com disela-sela aktifitasnya mengawasi jalannya penyaluran BPNT tersebut.

Asep Hidayat menjelaskan bahwa”  dengan adanya BPNT  ini warga kami sangat terbantu sekali, dengan total KPM BPNT 717 KPM ,kemudian PKH 460 KPM  ,KEMENSOS 117 KPM, BST ,BLT DD, 264 KPM dan masing-masing KPM mendapatkan total bantuan sesuai dengan anjuran pemerintah pusat, “ujar nya.

Berdasarkan pantauan Media infoindonesianews.com dilokasi tempat penyaluran Bpnt, tiap Kpm mendapatkan Bpnt berupa :  Beras 1 karung 9 kg, Abon 150 gr, telur 1 kg, jeruk 1kg, tahu 1bks, tempe 1papan. Semua itu untuk pemenuhan kebutuhan para Kpm dalam satu bulan.

” Alhamdulillah komoditi nya berkualitas, baik itu beras dan bahan komuditi lainnya,dan bilamana terdapat komuditi yang rusak,pecah dll,apabila sudah sampai dirumah Kpm nya ,maka Kami pun akan menggantinya dengan yang baru,”ungkap Kordinator Lapangan dari Suplayer komuditi Bpnt.

Khusus untuk jatah buah-buahan, pada penyaluran BPNT kali ini, para KPM diberi kebebasan untuk memilih jenis buah apa yang mereka inginkan, karena pihak Agen telah menyediakan tiga jenis buah yang bisa mereka pilih yaitu Pir, Apel dan Jeruk,intinya Kami dari pihak Suplayer hanya membantu mempermudah pendistribusian saja, “ujar salah seorang Agen Suplayer E- Warung Bpnt tersebut.

Media pun kembali mempertanyakan akan alur penggesekan pencairan Bpnt tersebut kepada pihak tokoh Rw 11 yang kebetulan hadir saat penyaluran Bpnt tersebut.Bagaimanakah Alur penerapan untuk pencairan Bahan Pangan Non Tunai tersebut?”.

Ketua Rw 11 Desa Nyalindung pun menjelaskan nya bahwa” secara langsung Koordinator Lapangan mengambil bahan pangan non tunai tersebut dari gudang Suplayer Bpnt , karena  alasan untuk menghindari kerumunan masyarakat akibat dampak pandemi covid-19 ,maka masyarakatpun  masih sangat mengkhawatirkan hal tersebut,maka Kartu Atm Kpm di kumpulkan secara collectif,itupun sudah berdasarkan hasil dari pada musyawarah kesepakatan Warga Kpm,dan Warga Kpm menunjuk kuasanya kepada para tokoh masyarakat Ketua RW nya masing – masing sebagai perwakilan dari Kpm masing-masing Dusun,”ujar Rw 11.

Menurut penjelasan Cepi selaku Agen dari  e-Warung,bahwa” Desa Nyalindung total jumlah Kpm kurang lebih sebanyak  17 Rw,734 KPM dan sesuai dengan kesepakatan bersama, hasil dari musyawarah berhubung masih pandemi Covid19,maka penyaluran tersebut  di sesuaikan dengan protokol kesehatan mengapa istilah nya “Dikolektifkan” ? karena sesuai dengan kesepakatan musdesus untuk menghindari kerumunan ,terutama untuk permintaan Kpm yang sudah jompo Kami bantu untuk mempermudah pendistribusian nya tersebut,” ujar cepi.

Berhubung Kepala Desa Nyalindung tidak berada ditempat, maka Awak Media pun menemui Asep Hidayat sebagai Sekretaris Desa Nyalindung, dan beliau mengucapkan “Alhamdulillah tiada kesan yang paling membahagiakan buat masyarakat nya, selain ucapan terimakasih seluruh Warga kepada Pemerintah,baik Pusat,Daerah,Provinsi, maupun Kabupaten yang telah memberikan bantuan-bantuan sosial untuk  Warga Kami ,salah satunya program Bpnt ini  yang sangat terasa sekali manfaatnya oleh masyarakat yang sangat membutuhkan,”ujar Sekdes Asep Hidayat.

Secara keseluruhan penyaluran BPNT di Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat terpantau cukup lancar, aman dan kondusif, mulai dari datangnya barang yang berupa bahan kebutuhan pokok dan buah-buahan, sampai semua barang-barang tersebut disalurkan.

Reporter Pewarta : Jun IInews.                                    Editor : Liesna Ega Kabiro IInews.

News Feed