by

Kapolsek Tallo Redam Perkelahian Kelompok

Infoindonesianews – MAKASSAR, Bila selama ini wilayah hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar terbilang wilayah rawan perkelahian a kelompok. Kini, setelah Polsek Tallo dibawah komando Kompol Dr. H. Saharuddin, SH.,MM suasana berobah drastis.

Kompol Dr. H. Saharuddin berhasil meredam perkelahian kelompok tersebut menggunakan pola pendekatan kekeluargaan dengan segenap elemen masyarakat di wilayah hukum Polsek Tallo.

Langkah-langkah jitu yang dilakukan Kompol Dr. H Saharuddin dalam meredam perkelahian kelompok di wilayah hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar terbilang sangat ampuh.

Terbukti, situasi dan kondisi wilayah Hukum Polsek Tallo Poltabes Makassar selama dalam kurun waktu 3 minggu pertama Kompol Dr. H. Saharuddin menjabat sebagai Kapolsek Tallo sering terjadi perkelahian kelompok di beberapa tempat seperti di Jl. Kandea 3, Lembo, Cappoa, Tallo, dan Pace’lang, sehingga menimbulkan keresahan ditengah masyarakat. Namun dalam kejadian tersebut tidak terdapat adanya korban jiwa.

Kegiatan dan langkah – langkah yang dilakukan pihak Polsek Tallo dibawah komando Kompol Dr. H. Saharuddin untuk mencegah terjadinya perkelahian kelompok antara lain;

– Perkelahian kelompok antara Jl. Permandian dengan pemuda Tallo. Kapolsek tallo telah melakukan upaya perdamaian yang dilaksanakan dirumah H. Asri diJl. St. Abdullah dengan menghadirkan kedua kelompok yang bertikai seperti Lk. Decol dan kelompok Lk. H. Lolo, yang mana saat itu kedua kelompok siap berdamai dan bahkan ada penyerahan barang bukti berupa busur dan parang, disaksikan oleh Lurah Buloa dan Lurah Kalukubodoa serta ibu Hj. Asriani (Anggota DPRD kota Makassar dari partai PKS )

Selanjutnya seminggu pasca perdamaian antara Jl. Perdamaian dengan anak Tallo, kemudian Kapolrestabes Makassar melakukan Bakti sosial di Jl. Permandian I dan membagikan paket sembako kepada warga Jl. Permandian .

Perkelahian kelompok antara anak Cappoa dengan anak Pace’lang, Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Saharuddin telah melakukan pertemuan dengan tokoh – tokoh masyarakat kelurahan panampu bertempat di Baruga Kantor Lurah Panampu Telah dilakukan pertemuan di rumah H. Bur Rahim sebanyak 2 kali antara pihak Polsek Tallo dengan beberapa tokoh masyarakat Panampu /Cappoa. Telah dilakukan pertemuan di Rumah H. Sultan Jl. Indah Raya antara Kapolsek Tallo dengan beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama Kel.urahan Panampu, serta telah dilakukan pertemuan di Warkop Bang Joni Jl. Teuku Umar dengan menghadirkan beberapa tokoh masyarakat yang bertikai seperti Cappoa, Pace’lang, Tallo dan Cambaya,. Pada pertemuan tersebut telah dibuat Nota kesepakatan damai yang ditandatangani masing-masing tokoh masyarakat, RT RW , kelompok yang bertikai dan disaksikan oleh Kapolsek Tallo dan jajarannya, kanit Reskrim Polsek Ujung Tanah, Babinkamtibmas Cambaya Polsek Ujung Tanah.
Perkelahian kelompok antara Lembo dengan Layang. Telah dilakukan pertemuan di Jl. Kandea 3 dan mempertemukan remaja dari lembo dan remaja dari layang.
Perkelahian kelompok antara Lr. 142 dengan Lr. 148 Jl. kandea 3 kelurahan Bunga eja beru. Telah dilakukan pertemuan di Jl. Kandea 3 Lr. 148 dengan menghadirkan kelompok yang bertikai yakni anak lr. 142 dan anak lr. 148 Jl. Kandea 3 Kelurahan Bunga Eja beru Kecamatan Tallo. Kedua kelompok sepakat untuk damai dan tidak terulang kembali karena kalau terjadi tawuran tidak ada pihak yang diuntungkan, namun hanya membawa kerugian materil.
Dalam kasus perkelahian kelompok tersebut Polsek Tallo telah mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai otak pelaku yaitu ; Lk. Decol ( kelompok Tallo), Lk. Arjun ( kelompok Tallo) serta Lk. Aan ( Kelompok Cappoa).

Setelah mendamaikan beberapa kelompok yang sering melakukan Perkelahian kelompok, Kapolsek Tallo Kompol Dr. H. Sarauddin pun melakukan Safari kamtibmas bersama unsur Tripika Tallo seperti Danramil Tallo serta Camat Tallo guna mendengar

News Feed