INFO INDONESIA
Nasional

KABAR PROGRAM PSR KSU KAMU SETELAH PENANAMAN, MEMANFAATKAN TANAMAN TUMPANG SARI

INFOINDONESIANEWS.COM


Luwu Timur – Kelompok Tani Harapan Makmur 3 adalah Kelompok Tani yang masuk dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR, Kelompok Tani ini adalah salah satu Kelompok yang diusulkan Koperasi Agro Mandiri Utama dalam Program PSR Kabupaten Luwu Timur, dengan luasan lahan 77,95 H.

Kelompok ini juga telah melakukan penanaman perdana pada bulan delapan tahun 2019, dan kini Kelompok Tani Harapan Makmur 3 yang berada di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, sampai saat ini dalam progress kerja mereka hampir 100% setelah melewati berbagai masalah yang di sebabkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Uniknya dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat yang di Kelola KSU KAMU ini, setelah melakukan penanaman bibit sawit, maka akan ditanam tanaman sela yang dimana tanaman sela ini nantinya akan dimanfaatkan oleh petani yang ikut dalam Program ini sebagai kelangsungan hidup meraka, sambil menunggu hasil tanaman sawit mereka, dalam hal ini dibenarkan oleh Ruben selaku Katua Kelompok Tani Harapan Makmur 3, KAMIS (22/07/2021).

Ruben menjelaskan bahwa sejak ikut Program PSR ini, ia betul-betul merasakan manfaat dari program ini, yang dimana dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat ini KSU KAMU bermita dengan Koperasi Agro Mandiri selaku penyadia sawit unggul bersertifikasi yang dimana bibit ini berasal dari PPKS medan, dengan 3 farietas yaitu bibit jenis Yangambi, Dxp-540, dan bibit jenis Simalungun.

Tidak hanya itu Ruben juga mengakui bahwa lahan kelompoknya sampai saat ini telah beberap kali menikmati hasil dari tanaman sela yang ia dan pihaknya tanam, dan untuk tanaman sela itu ada beberapa jenis seperti pohon pisang, jagung, Lombok, dan sayur mayur.

Selain itu Hal senada juga dikatan oleh Kepala Desa Kasintuwu Petrus Frans, Petrus mangatakan bahwa sejak adanya Program ini sangat membantu masyarakat petani sawit Desa Kasintuwu, yang dimana dalam Program ini secara tidak langsung petani betul-betul memanfaatkan lahannya.

“Sebagai Pemimpin di Desa Kasintuwu ini saya sangat bersyukur atas adanya Program PSR ini, karena sangat membantu Petani Sawit saya, yang dimana sebelum adanya program ini petani di Desa ini keteteran dalam hal mengelola lahan sawit mereka, terlebih lagi bibit yang ada disini rata2 bibit sawit yang tidak produktif, dan tentunya butuh biaya yang besar untuk mendapatkan bibit unggul bersertifikasi. Namun sejak adanya PSR ini, masyarakat saya tidak lagi keteteran dalam mengelola lahan sawit mereka, tidak hanya itu dalam Program ini juga masyarakat mendapat ilmu yaitu tanaman tumpang sari atau tanaman sela, tanaman sela ini tentunya sangat bermanfaat, apa lagi sebagai penunjang sementara kehidupan petani sawit yang sambil menunggu hasil tanaman bibit sawit mereka”. Ungkapnya Kepala Desa Kasintuwu.

(Rafli-IL)

Related posts

Kapolsek Kembangan Polres Metro Jkt-Brt Kompol H Khoiri Berikan Edukasi Motivasi Pada Anggota Relawan Satgas Covid19

info

Dukung Polres Kuansing Cegah Penyebaran Covid-19, Khatib Sholat Jum’at Sampaikan Pesan Patuhi Prokes

info

Guna Menekan Penyebaran Covid-19, Kapolsek Lingsar Bersama Forkopimca Gelar Rapat Koordinasi PPKM Darurat

info1