by

Ir.H.Suardi Saleh,M.Si jadi Pemateri di Kampanye Nasional Pencegahan Covid-19

InfoIndonesiaNews-Barru, Sosialisasi Pemberdayaan Perempuan Memutus Mata Rantai COVID 19 dan Kampanye Nasional Pencegahan COVID 19, Tahun 2020 diikuti hanya oleh Dua Kabupaten, Barru dan Enrekang sore tadi, Minggu (16/8/2020)

Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru dalam sambutannya menyampaikan agar kita semua yang memiliki pengetahuan untuk senantiasa meningkatkan intensitas kita dalam melakukan sosialisasi dan kampanye pencegahan COVID 19.

“Kita semua tidak boleh lengah dan lelah, tetapi kita harus tetap semangat dan bahu membahu menyatukan pikiran dan tindakan dalam menangani COVID 19 ini” Ujar Suardi Saleh yang memang dikenal sangat aktif dalam mengkampanyekan gerakan melawan Pandemic Covid-19 ini.

Pertemuan yang mendiskusikan bagaimana perempuan mengambil peran dalam penanganan COVID 19. Dengan meyakini bahwa perempuan memiliki kekuatan untuk memerangi covid-19.

“Perempuan juga mampu cepat berpikir dan bergerak dengan kekuatannya untuk tidak membiarkan situasi dalam keluarga dipenuhi kepanikan dan keterpurukan dalam masa pandemic ini” Ujar salah satu Top Leader Indonesia versi Seven Media Asia ini.

Di Kabupaten Barru, perempuan memiliki peran strategis dan kadang pikiran dan tindakannya lebih cepat dari kaum laki-laki. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dengan keterlibatan langsung perempuan dalam hal ini Tim Penggerak PKK Kabupaten sampai di Desa dan Kelurahan tingkat penyebaran COVID 19 di Kabupaten Barru dapat dikendalikan dengan baik.

Beberapa peran perempuan yang sangat bermanfaat dalam memutus mata rantai COVID 19, di Kabupaten Barru, antara lain :

1. Pada awal Pandemic, di Bulan Maret Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, telah melakukan penggandaan masker dan dibagikan secara langsung kepada warga di tempat tempat umum, seperti pasar, terminal, pangkalan ojek, dan bahkan dari rumah ke rumah;

2.Pengumpulan donasi oleh Tim Penggerak PKK, berupa sembako sebanyak ribuan paket yang dibagikan langsung kepada keluarga yang terdampak COVID 19, pada tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Barru;

3. Pengaktifan kelompok wanita tani, untuk menanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah;

4. Pemberdayaan dan penguatan kelompok dasawisma bekerja sama dengan pemerintah desa/kelurahan untuk melakukan penananganan COVID 19;

5. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru memfasilitasi pengadaan Rapid Test sebanyak ribuan pieces, sehingga kami dapat melakukan rapid test massal secara gratis, terutama bagi penduduk Kabupaten Brru yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah;

6. Gerakan bersama memakai masker oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa Kelurahan; dan

7. Terakhir, sosialisasi pentingnya menggunakan masker oleh Tim Penggerak PKK pada acara GEBRAK MASKER beberapa hari lalu, sesuai dengan Instruksi Ketua Tim Penggerak PKK Nasional.

Beberapa pemateri yang hadir kemudian memberikan penjelasan apa dan bagaimana peran pemberdayaan perempuan dalam masyarakat untuk membantu dalam Sosialisasi Pemberdayaan Perempuan Memutus Mata Rantai COVID 19 dan sukseskan Kampanye Nasional Pencegahan COVID 19 di Tahun 2020 ini.

Sekira tujuh Pemateri selain Bupati Barru Suardi Saleh sendiri, yang kemudian dilanjutkan dengan session diskusi dan tanya jawab.

Sosialisasi ini terselenggara berkat kerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru bersama Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kabupaten Enrekang, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Direktur Politeknik Kesehatan Makassar.

Penulis : Irsam IINews- Tim

News Feed