Ditujukan Kepada Rekan Media di seluruh Indonesia

oleh -106 views

Infoindonesianews.com |Minggu, 12 Desember 2021.

ARTIKEL

JAKARTA| Selamat pagi, Asslamu’alaikum wr. wb. Syalom, Salam sejahtera bagi Indonesia, Omswastiasu, Namobuddaya, Horas! Ya’ahowu… Yaapun… Kulonuwun… Sampurasun… Salam kebajikan.

Sebagai salah satu strategi mengedukasi publik tentang UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, khususnya terkait Hak Jawab pada Pasal 1 ayat (11) dan Hak Koreksi pada Pasal 1 ayat (12), saya menganjurkan kepada kita semua untuk menempatkan Catatan Redaksi, seperti contoh di image terlampir.

Catatan Redaksi yang diletakan di bagian akhir setiap berita atau artikel akan memberikan ruang kepada setiap pembaca untuk menemukan cara terbaik dalam merespon berita/informasi yang ditayangkan media-media kita sesuai dengan perundangan yang ada tentang Pers, yakni memberikan Hak Jawab dan Hak Koreksi kepada media yang menayangkan berita tersebut.

Dengan demikian, setiap orang yang merasa dirugikan atau terganggu kepentingannya oleh pemberitaan, akan memahami langkah terbaik dalam merespon berita tersebut, yakni mengacu kepada pasal perundangan yang sudah kita informasikan melalui Catatan Redaksi.

Adapun bunyi Catatan Redaksi-nya dapat mengikuti draft saya berikut, namun boleh saja menyesuaikan dengan selera dan style masing-masing. Yang penting, setiap pembaca yang heterogen, dari berbagai latar belakang, itu dapat dengan mudah memahami pesan yang dituliskan di Catatan Redaksi.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

(Ganti alamat email dengan alamat email media masing-masing).

Catatan Redaksi ini juga dapat memperkecil kemungkinan para pihak yang merasa terganggu dengan pemberitaan untuk membuat pengaduan ke pihak Kepolisian maupun ke dp.

Apabila suatu saat ada di antara rekan media yang mendapatkan kiriman hak jawab atau hak koreksi berbentuk berita/artikel sanggahan/bantahan/koreksi, dan rekan media merasa perlu meminta masukan dari rekan pewarta/jurnalis lainnya, atau organisasi pers, atau ahli hukum, maka artikel sanggahan tersebut dapat saja didiskusikan bersama untuk kemudian mendapatkan solusi terbaik sebelum ditayangkan.

Demikian, semoga ide kecil ini bermanfaat bagi semua. Terima kasih.

Contoh tampilan tayangan dengan Catatan Redaksi di bagian akhir artikel dapat dilihat di tautan ini: https://pewarta-indonesia.com/2021/12/kerugian-capai-31-miliar-18-nasabah-seret-asuransi-jiwasraya-bersama-6-lembaga-lainnya-ke-pengadilan/

Narasumber Pewarta : Ketua PPWI Wilson Lalengke S.pd.,M.sc,MA. Editor Red : Liesna Ega.