Disdik Bandung Barat Rencanakan Jalin KERJA Sama Dengan TV UPI

oleh -105 views

Infoindonesianews.com | Rabu, 29 September 2021.


Ngamprah (Newsroom) ,Bandung Barat |Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat berencana melaksanakan kerja sama dengan TvUPI. Sebagai langkah awal rencana kerja sama, tim TvUPI melakukan diskusi dengan unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. Dalam diskusi tersebut tim TvUPI yang dipimpin oleh Prof. Deni Darmawan, salah seorang guru besar FIP, diterima oleh M. Ma’mun Hidayat, Sekretaris Dinas Pendidikan yang didampingi Dadang A. Sapardan, Kepala Bidang Pembinaan SD. Kegiatan dilaksanakan di ruang Bidang Pembinaan SD, Selasa (28/9/21).

Dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Pendidikan, Asep Dendih yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan mengungkapkan bahwa pihaknya sangat merespon dan menyambut baik rencana TvUPI untuk mengimplementasikan programnya di Kabupaten Bandung Barat.

Program yang dideskripsikan oleh tim TvUPI sangat baik untuk perkembangan pendidikan karena mengarah upaya mendorong para guru dalam berinovasi dan berkreativitas dalam memanfaatkan platform teknologi pada pelaksanaan pembelajaran.

“Kami menyambut baik rencana kerja sama yang akan dibangun bersama TvUPI dalam upaya mendorong akselerasi kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung Barat,” ungkap Ma’mun di hadapan tim TvUPI.

Program yang disampaikan tim TvUPI mengarah pada upaya fasilitasi pembelajaran jarak jauh yang selama pandemi Covid-19 menjadi alternatif pembelajaran pada sebagian besar satuan pendidikan. Sekalipun pandemi Covid-19 sudah berlalu, berbagai pihak harus tetap mendorong keterlaksanaan PJJ pada setiap satuan pendidikan. Berbagai dorongan perlu dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan pendidikan, termasuk di dalamnya TvUPI sebagai lembaga yang berada di bawah UPI.

“Program yang akan diimplementasikan termasuk sangat baik untuk pengembangan pendidikan dalam upaya fasilitasi PJJ,” ujar Ma’mun Hidayat.

Di lain pihak, Deni Darmawan, Ketua tim TvUPI mengungkapkan bahwa kerja sama harus dibangun oleh lembaga yang memiliki perhatian terhadap perkembangan pendidikan.

Pertemuan yang membahas teknis pelaksanaan kerja sama tersebut mendeskripsikan rencana TvUPI untuk mengajak para guru jenjang PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Bandung Barat untuk menunjukkan inovasi dan kreatifitasnya dalam membuat konten video pembelajaran.

Untuk memiliki keterampilan pembuatan video pembelajaran tersebut, TvUPI akan memfasilitasi dengan pelatihan pada beberapa guru yang ditunjuk Dinas Pendidikan. berbagai konten video pembelajaran yang dibuat guru akan ditayangkan pada siaran TvUPI dan berbagai kanal pembelajaran lainnya.

“Kami akan mengajak guru di Kabupaten Bandung Barat untuk dapat memanfaatkan TvUPI guna menjadi chanel pembelajaran,” papar Deni Darmawan. ***

Narasumber: disdikkbb.org- Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Editor / DasARSS IINews Jabar. Editor Redaksi: Liesna Ega.