Dinas Pendidikan Telah Terima Hibah Matching Found

oleh -49 views

Infoindonesianews.com | Rabu, 8 Desember 2021.


Ngamprah,Bandung Barat | Dinas Pendidikan Kab. Bandung terima hibah Matching Found Kemendikbudristek dari TVUPI melalui program TVUPI Android-Ios sebagai Layanan PJJ, E-Learning-Blended melalui Multiplatform Mitra Industri. Hibah diserahterimakan oleh Prof. Dr. Deni Darmawan, Humas UPI yang menjadi Ketua Program MF VCDLN-TVUPI kepada Ma’mun Hidayat, Sekretaris Dinas Pendidikan pada Rabu (08/12/21).


Ketua Program MF VCDLN-TVUPI, Prof. Dr. Deni Darmawan mengemukakan bahwa Matching Found TVUPI merupakan program yang sejalan dengan konsep Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek.

Program ini merupakan elemen pendukung dari implementasi Merdeka Belajar yang difasilitasi oleh Ditjen Ristekdikti. Karena itu, program ini dapat mendukung Program Sekolah Penggerak, Program Guru Penggerak, Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar, serta berbagai program lainnya.


“Program ini merupakan elemen dari konsep Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek,” ujar Prof. Dr. Deni Darmawan dalam sambutannya.


Selanjutnya disampaikan pula bahwa peralatan yang diberikan pada Dinas Pendidikan merupakan peralatan yang dapat digunakan oleh para guru dalam membuat video pembelajaran.

Berbagai video pembelajaran yang dibuat oleh para guru akan difasilitasi oleh TVUPI untuk dimasukkan dalam kanal yang dimiliki. Bukan itu saja, program kerja sama yang ditindaklanjuti dengan pemberian hibah Matching Found tersebut akan terus dikembangkan dengan pemberian fasilitasi kepada para guru untuk mengisi acara pendidikan di TVUPI.


“Peralatan yang diberikan oleh kami merupakan peralatan yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat video pembelajaran,” ungkap Prof. Dr. Deni Darmawan.


Dalam kesempatan tersebut, Ma’mun Hidayat yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola Program MF VCDLN-TVUPI di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Deni Darmawan. Hibah yang diberikan akan dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendorong para guru di Kab. Bandung Barat agar menjadi sosok inovatif dan kreatif.

Dalam era digital ini, para guru dituntuk untuk memiliki kompetensi memanfaatkan perangkat digital dalam proses pembelajaran. Karena itu, pemberian hibah tersebut menjadi stimulus bagi para guru di Kab. Bandung Barat untuk terus berinovasi dan berkreatifitas.


“Atas nama Bapak Kepala Dinas Pendidikan, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh tim Program MF VCDLN-TVUPI,” ujar Ma’mun.


Pada pelaksanaan serah terima Hibah yang dihadiri oleh konsorsium pendukung di antaranya dari Korea Selatan tersebut Ma’mun Hidayat mengungkapkan bahwa kerja sama yang dibangun bisa diperluas untuk program lain yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Pengelolaan pendidikan di Kab. Bandung Barat tidak hanya dapat dijalankan oleh elemen Dinas Pendidikan tetapi harus mendapat dukungan dari elemen lainnya, termasuk dukungan dari konsorsium.


“Kerja sama yang dibangun bisa dikembangkan dengan berbagai kerja sama yang dapat mendukung keberlangsungan peningkatan kualitas pendidikan,” pungkas Ma’mun Hidayat yang dalam kesempatan tersebut didampingi Dadang A. Sapardan, Kabid PSD dan Asep Sutisna, Kasi Kesiswaan PAUDNI.

Narasumber Pewarta : DasARSS IiNews Jabar. Editor Red : Liesna Ega.