Ciptakan Kader Rakyat Terlatih, Patriot & Cinta Tanah Air, Korem 162/WB beri Pembekalan Kader Rakyat Terlatih

oleh -22 views

Infoindonesianews.com | Rabu, 15 September 2021.

MATARAM | Korem 162/WB menggelar kegiatan pembekalan kader rakyat terlatih Kodam IX/Udayana TA. 2021 yang dibuka oleh Kepala Staf Korem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan di lapangan Kompi C Yonif 742/SWY Gebang kota Mataram, Rabu (15/9/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Mataram (Unram) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, serta perwakilan siswa siswi SMA Negeri 10 Mataram, SMA Nurul Islam, SMK Darul Fallah, anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Korem 162/WB dan Kodim 1615/Lotim selama tiga hari ke depan.

Danrem 162/WB dalam amanatnya, dibacakan oleh Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan menyampaikan, kegiatan ini memiliki tujuan mulia yakni membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, serta memiliki semangat dan kesadaran bela Negara, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya pembinaan generasi bangsa dengan pembentukan fisik dan mental melalui dasar-dasar ilmu kemiliteran, sehingga memiliki postur dan tampilan yang berbeda.

“Para peserta merupakan bagian dari rakyat terlatih dalam rangka mendukung Sistem Pertahanan Semesta, dimana TNI-Polri sebagai kompartemen utama dan masyarakat termasuk rakyat terlatih sebagai kompartemen pendukungnya dalam upaya-upaya pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Danrem.

Sejalan dengan hal itu, TNI AD yang memiliki tugas untuk membantu pemerintah menyiapkan sumber daya nasional menjadi kekuatan pertahanan yang tangguh, melaksanakan kegiatan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih bagi para pelajar dan mahasiswa di seluruh tanah air.

Namun harus dipahami, kata Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, bahwa pelatihan ini bukanlah bentuk pelatihan kemiliteran atau militerisasi, tetapi merupakan pelatihan untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela Negara.

“Sikap dan karakter yang dicirikan oleh adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban bagi bangsa dan Negara, serta memiliki kemampuan awal bela Negara secara fisik dan mental,” terangnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB itu menjelaskan, Pembinaan kader rakyat terlatih ini memang dilakukan oleh pihak pendidik bersama instansi TNI (Korem/Kodim) setempat sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Menteri Pertahanan RI, Menteri Pendidikan Nasional serta Menteri Dalam negeri dan otonomi Daerah.

Kesepakatan bersama tiga kementerian tersebut, yaitu tentang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat untuk menghasilkan generasi muda yang mengerti dan setia pada konstitusi negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sesuai dengan tema kegiatan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih kali ini yaitu “Kader Rakyat Terlatih Yang Patriot Dan Cinta Tanah Air”.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan bersungguh-sungguh, menyimak dengan baik setiap materi yang diberikan oleh pembina sehingga ilmu yang diperoleh nantinya dapat menjadi bekal dalam mewujudkan cita-cita membangun bangsa, dan ilmu yang diperoleh dapat ditularkan kepada rekan lainnya baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Terlihat hadir dalam acara pembukaan, Kasiren Korem 162/WB dan para Kasi Kasrem 162/WB,
Dandim 1606/Mataram,
Pabandya Wanwil Sterdam IX/Udayana,
Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB,
Kapolres Mataram,
Kadisdikbud Kota Mataram,
Ka Korum Yonif 742/SWY, para Kepala Sekolah peserta, dan Dan Menwa terkait.

Narasumber Pewarta : Dani, IINews Mataram. Editor Redaksi IINews : Liesna Ega.