by

“Ayo Bersih-Bersih” Tempat Wisata, Dukungan Masyarak Semakin Banyak

Lombok Barat, infoindonesianews.com – Dukungan masyarakat untuk kegiatan “Ayo Bersih-Bersih” Tempat Wisata
semakin banyak. Mereka berdatangan dari berbagai komunitas.

Mulai dari komunitas peduli, pelaku wisata, para karyawan usaha jasa pariwisata yang ada di Senggigi, bahkan juga mahasiswa, dan lainnya. Tak ketinggalan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Lombok Barat (Lobar).

Dalam kegiatan “Ayo Bersih-Bersih” Sabtu (5/10/20) pagi tadi setidaknya empat Kepala OPD Lobar hadir beserta Sekretaris Daerah Lobar H. Baehaqi yang kembali langsung turun dan ikut bergabung gotong royong membersihkan tepi-tepi jalan yang ada di Senggigi.

Mereka adalah Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perindag, dan Kepala Bidang Penagihan Bapenda. Mereka datang bersama stafnya. Selain mereka, hadir dengan rutin Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar Budi Dharmajaya.

Saat ditemui di tengah-tengah kegiatan, Budi mengaku sangat terbantu dengan kegiatan yang digagas Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar ini.

“Tentunya kami dari Dinas LH yang punya tupoksi terkait dengan sampah merasa terbantu dan sangat mendukung sekali kegiatan ini,” tutur Budi.

Bahkan pekan depan Budi berkomitmen mengerahkan tenaga dan armada yang lebih banyak lagi dari OPD Lobar sesuai izin dari Sekretaris Daerah Lobar.

Ia juga berharap kedepan dengan adanya kegiatan seperti ini, kawasan-kawasan wisata seperti Senggigi dan lsinnya bisa secepatnya entas dari permasalahan sampah.

Salah satu simpatisan yang datang dari kelompok pekerja usaha hiburan di Senggigi, Icha (25), juga menyampaikan dukungan dengan cara membagikan snack kepada relawan gotong royong pagi tadi.

Setidaknya empat minggu ini ia terlihat rutin membagikan dan menawarkan snack gratis yang bersumber dari tempat ia bekerja kepada semua relawan.

“Senggigi kan rumah kita, terutama kami yang bekerja di sini. Jadi kalau hanya membantu bagi jajan kayak gini, itu kan belum seberapa namanya,” cetus Icha.

Ia kemudian menyampaikan harapan agar keadaan di Senggigi bisa normal kembali seperti dulu, dan bisa kembali “menghidupi” teman-teman seprofesinya.

Di kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Lobar, H. Saepul Akhkam menyampaikan rasa gembiranya dengan semakin banyaknya komunitas yang terlibat dalam kegiatan itu.

“Semakin ke sini, banyak komunitas terpanggil untuk terlibat. Ini menjadi sinyal positif yang harus tersampaikan ke masyarakat luas. Masyarakat harus mulai sadar bahwa masalah sampah dan kebersihan bukan hanya menjadi penarik utama kepariwisataan, namun juga pangkal lingkungan yang sehat,” terang Akhkam.

Minggu depan, katanya, kegiatan akan diikuti oleh seluruh OPD dan tetap mengundang berbagai komunitas.

“Kita akan minta kepada pimpinan untuk mengerahkan lebih banyak rekan ASN. Itu sekaligus untuk persiapan dan mensukseskan Senam Zumba Massal di tanggal 13,” terang Akhkam yang menegaskan bahwa kegiatan zumba itu sekaligus untuk launching resmi hastag #AyoKembaliKeSenggigi.

(Man)

News Feed