by

Alhamdulillah, Ittihad Persaudaraan Imam Masjid Kabupaten Barru 2020-2025 Terbentuk

InfoIndonesiaNews-Barru, Ittihad secara etimologi berarti persatuan dan beberapa pengertian dari berbagai sumber memaknainya dengan penyatuan. Alhamdulillah, Pimpinan Daerah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (PD IPIM Barru) Kabupaten Barru untuk periode 2020-2025, telah melalui proses pelantikan pengurus secara virtual oleh Pimpinan Wilayah di Baruga Singkeru Ada’e, Selasa (25/8/2020).

Pelantikan para Imam Masjid baik dari Ulama, Dai maupun Tokoh Agama yang menjadikan Imam Masjid sebagai bentuk pengabdian kepada Ummat, ini digelar serentak dan dilantik secara virtual bersamaan Se-Sulsel.

Organisasi yang di Pengurus Pusat ini, dipimpin oleh Prof. Dr. KH, Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta. Beliau merupakan Tokoh Nasional Kelahiran Sulsel yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia dari tahun 2011 sampai 2014.

“Kita sangat mengapresiasi kehadiran Organisasi Ittihad Persaudaraan Imam Masjid ini dan kedepan kita dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun dan memakmurkan masjid” Ujar Bupati Barru Suardi Saleh dihadapan segenap pengurus dan hadirin.

Beliau juga berharap agar PD IPIM Barru dan Organisasi berbasis keummatan dan masjid seperti Pengurus Masjid atau Dewan Masjid, dapat menjalin kerjasama untuk mengelola dan menata kebutuhan maupun menyelesaikan permasalahan ummat dengan nafas keagamaan yang sinergis dengan Pemerintah Daerah.

Bupati Barru dalam kesempatan ini juga menyampaikan informasi terkait Umroh bagi Imam, Pegawai Syara dan Guru Mengaji yang selama ini menjadi program tahunan Pemda namun untuk tahun 2020, untuk dapat dipermaklumkan.

“Tahun ini kita sudah mengalokasikan umroh untuk imam masjid, guru mengaji bagi 120 orang, tetapi wabah pandemi (Covid-19) ini masih sedang berlangsung” urai Suardi Saleh memberikan pemahaman bahwa keseriusan pemerintah daerah untuk memberikan apresiasi langsung telah dilakukan namun terhalang oleh Pandemic Covid-19 yang melanda secara Global.

Meskipun demikian, dihadapan Ittihad Persaudaraan Imam Masjid se Kabupaten Barru, Bupati Barru menyampaikan komitmennya untuk meniatkan dan meminta doa agar tahun depan, program memberangkatkan Umroh Gratis ke para Imam Masjid, Pegawai Syara, dan Guru Mengaji dapat terlaksana sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga kembali terwujud dan berharap pemerintah Arab Saudi kembali membuka akses tersebut” sebut Suardi Saleh dalam arahannya.

Ketua Pimpinan Daerah IPIM Kabupaten Barru, Gurutta Drs. H. Husni Makky menyampaikan rasa syukur karena pelantikan Ittihad Persaudaraan Imam Masjid se Kabupaten Barru maupun se-Sulawesi Selatan secara virtual berjalan lancar sesuai harapan.

“Apa yang diharapkan pada hari ini, Alhamdulillah berjalan lancar dan Terima kasih apresiasi Bapak Bupati Barru yang telah memfasilitasi kegiatan ini” ungkap Gurutta H. Husni Makky yang juga Imam Masjid Agung Nurul Iman Kabupaten Barru ini.

Beliau secara lugas dan penuh wibawa menyampaikan harapan agar kedepannya organisasi yang juga melantik H. Husni Abbas S.Ag, MA sebagai Sekretaris ini dapat terbangun secara baik.

Kegiatan yang digelar secara virtual ini juga dirangkaikan dengan Milad I Pimpinan Wilayah IPIM Sulsel dan dihadiri segenap Imam Masjid dan tokoh agama maupun beberapa pejabat daerah.

(IrsamIINews-Barru)

News Feed