Aktifis TURKI: Diduga Bantuan Usaha Kelompok KUBE, Rawan dijadikan Usaha Pribadi.

oleh -32 views

Infoindonesianews.com | Sabtu, 15 Januari 2022.

PANDEGLANG | Komunitas Aktifis Tandu Reformasi Keadilan Indonesia (TURKI) menilai bahwa Program Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah bantuan permodalan untuk Kelompok Usaha akan tetapi sangat rawan dijadikan Usaha Pribadi.

Hal ini tentunya sangat melenceng dari petunjuk teknis dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 2 Tahun 2019 tentang Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama. Sehingga bisa menyebabkan kerugian negara dengan total anggaran yang sangat lumayan jumlahnya.

Menurut Tb. Aujani selaku Ketua Komunitas Aktifis Tandu Reformasi Keadilan Indonesia (TURKI) saat diwawancarai oleh awak media mengingkapkan, bahwa Program KUBE yang dianggarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang sangat rawan disalahgunakan oleh Para Oknum yang hanya mencari keuntungan pribadi.

“Program KUBE yang dianggarkan oleh DINSOS Kabupaten Pandeglang dari Anggaran DID sangat rawan disalahgunakan oleh Para Oknum yang hanya mencari keuntungan pribadi. Sedangkan dalam proses penyeleksian calon penerimanya sudah tidak dilakukan secara maksimal oleh DINSOS, mana yang benar-benar Usaha Kelompok dan mana yang usaha pribadi.” Paparnya dengan penuh analisa.

Kemudian Tb.Aujani juga meminta kepada semua pihak, baik aktifis, insan pers, dan aparat penegak hukum agar turut serta melakukan pengawasan terhadap regulasi pelaksanaan program KUBE di Kabupaten Pandeglang yang diduga regulasinya tidak sesuai juknis.

“Aktifis, jurnalis, ataupun aparat penegak hukum agar turut serta mengawasi regulasi pelaksanaan program KUBE di Kabupaten Pandeglang yang diduga regulasinya tidak sesuai juklak-juknis Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2019.” Tegas seorang aktifis muda yang sangat progresif ini.

Narasumber : TB. AUJANI . Editor Red IiNews :Liesna Ega 💻. Pewarta : M. Ikbal Maulana.