Akibat Lampu Jalan Tak Berfungsi, Kecamatan Mandai Masuk Dalam List Sasaran Tindak Kejahatan Kriminal

oleh -54 views

INFOINDONESIANEWS.COM

Maros – Disebabkan oleh tak berfungsinya Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Kostrad-Kariango, Dusun Bonto Ramba, Desa Bonto Mate’ne, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros. Menyebabkan minimnya pencahayaan setiap malam, akibat tak adanya perhatian oleh pihak terkait sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan persoalan itu.

Ridwan salah seorang masyarakat Dusun Bonto Ramba saat dimintai keterangan membeberkan, bahwa penuntasan perbaikan lampu jalan itu sudah bergulir berbulan-bulan lamanya, namun tidak adanya perhatian khusus dari pihak yang berwenang.

“Lampu jalan itu sudah tak berfungsi, namun belum ada pengerjaan. Apalagi diketahui jalan disini merupakan jalur alternatif ke berbagai daerah, termasuk Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, yang kami juga khawatirkan karna selama lampu jalan itu rusak berfungsi tak jarang ada tindak kriminal seperti begal copet dan lainnya lagi” keluh Ridwan.

“Besar harapan kami sebagai masyakarat agar kiranya pihak terkait segera memperbaiki lampu jalan itu, karena bukan hanya merugikan kami sebagai masyarakat tapi juga membahayakan pengendara lainnya” pungkas Ridwan. Rabu (29/07/2021)

Sekedar diketahui, tentang masyarakat yang mempertanyakan kerja-kerja pihak terkait dan mengacu Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) termasuk dalam pajak daerah.

Adapun definisi PPJ adalah pajak yang dipungut atas penggunaan tenaga listrik. Olehnya itu hingga kini masyarakat mempertegas persoalan kenapa lampu jalan tersebut tidak dibenahi.

“dengan tidak adanya penerangan lampu jalan, itu sama saja memberikan ruang bagi orang yang berniat berbuat jahat, seperti kita ketahui kejahatan begal yang cukup meresahkan dan cukup ditakuti warga karna aksi kejahatannya,” imbuh Ridwan.

Terakhir, Ridwan mewakili seluruh masyakarat Desa Bonto Mate’ne berharap kepada instansi terkait agar dapat mengatensi harapan kami guna segera membenahi lampu jalan tersebut sebelum terjadi hal-hal yang kami tidak inginkan. Tutupnya.

(ac-iinews)