by

540 Bibit Mangrove Hijaukan Pantai Selengen Lombok Utara

Lombok Utara, Infoindonesianews.com – Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak.

Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut terutama keberadaan tanaman mangrove sebagai salah satu ekosistem yang membentengi dataran sepanjang pantai.

Untuk mencegah abrasi tersebut sejumlah daerah mulai giat mengembangkan hutan mangrove agar ekosistem yang ada dapat dipertahankan kelestariannya.

Kabupaten Lombok Utara untuk ke 5 kalinya dalam masa pandemic Covid-19 menyelenggarakan gerakan penanaman bibit mangrove disejumlah titik Kawasan Pantai Tampes Desa Selengen Kecamatan Kayangan yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KLU dengan melibatkan seluruh jajaran Forkopimda KLUdengan menyediakan sekitar 540 batang bibit mangrove Pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2020.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar SH MH, Kapolres Lotara AKBP Fery Jaya Satriansyah, SH., Dandim 1606/Lobar di wakili Danramil Bayan Kapt. Inf. Turmuzi, Sekda KLU Drs. H. Suardi MH, Kadis LHK KLU M. Zaldi ST, Anggota Polres KLU, Anggota Koramil Bayan, anggota Polsek Kayangan, Anggota PMI KLU, Karyawan Dinas LHK, Pramuka, perangkat desa Selengen dan peserta penanam mangrove sekitar 200 orang.
Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar SH MH., dalam sambutannya mengatakan bahwa, Pentingnya penanam mangrove sebagai penguatan Pantai dan untuk kepentingam generasi mendatang.

“Penting sekali penanam mangrove untuk penguatan Pante kita dan untuk kepentingam anak cucu kita kedepan. Ini merupakan ikhtiar kita untuk memperbaiki kabupaten Lombok Utara pasca musibah yang kita alami. Mari kita awali penanaman pohon mangrove dengan mengucap basmalah,” ujarnya.

Penanaman mangrove tersebut diawali oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar SH MH., dengan penyerahan bibit pohon mangrove secara simbolis yang di dampingi Kapolres dan Dandim 1606/Lobar dan undangan kepada perwakilan TNI,Polri dan PMI dan dilanjutkan dengan penanaman secara serentak oleh seluruh peserta hingga tuntas.

(Nang)

News Feed